14 Rekomendasi Anime yang Bisa Membuat Kalian Menangis

14 rekomendasi anime yang bisa membuat kalian menangis

Mungkin disini banyak dari sobat GameZeRO yang suka menonton untuk mengisi waktu luangnya. Mulai dari menonton film, drama, serial, atau bahkan anime. Anime menawarkan genre dan jalan cerita yang beragam, seperti anime komedi yang bisa membuat kita tertawa, sampai ke anime sedih yang bisa membuat kita menangis.

Untuk kalian yang menyukai anime dengan jalan cerita yang sedih. Sepertinya, para pembuat anime juga suka membuat para penontonnya menangis. Banyak anime yang tampaknya dibuat khusus untuk membuat kita menangis, dari drama tentang cinta yang menyentuh hati, cinta bertepuk sebelah tangan, sampai ke cerita yang lebih serius yang membahas masalah seperti kematian, perang, dan penyakit.

Disini kita telah merangkum beberapa yang dapat membuat sobat GameZeRO menangis. Jangan lupa siapkan tisu sebelum menontonnya.

1. Inuyashiki: Last Hero
anime sedih menangis inuyashiki

Yang pertama adalah Inuyashiki, di produksi oleh MAPPA, anime yang memiliki genre action ini memiliki jumlah episode sebanyak 11. Bercerita tentang seorang pria paruh baya yang tidak memiliki teman serta keluarga yang kurang harmonis bernama Inuyashiki Ichiro.

Suatu hari, ketika Inuyashiki berjalan jalan di sebuah taman umum yang hampir kosong, dia terkena ledakan yang berasal dari luar bumi. Karena ledakan itu, tubuhnya diganti menjadi tubuh mekanik yang luar biasa kuat. Dengan tubuh barunya itu, Inuyashiki memutuskan untuk mendedikasikan dirinya untuk berbuat baik dan menggunakan kekuatannya untuk memerangi kejahatan.

2. Little Busters! & Little Busters! Refrain
anime sedih menangis little busters

Little Busters! adalah anime yang didasarkan pada visual novel buatan KEY. Anime yang diproduksi oleh J.C.Staff ini memiliki 2 season, season pertama dirilis pada tahun 2012 memiliki jumlah episode sebanyak 26. Season keduanya dirilis pada tahun 2013 dengan total episode sebanyak 13.

Bercerita tentang Riki Naoe yang sudah kehilangan kedua orang tuanya sejak kecil. Suatu hari, dia tiba-tiba diajak bergabung oleh sekelompok orang yang dinamakan Little Busters!. Beranggotakan Kyousuke Natsume sebagai ketuanya, Rin Natsume, Masato Inohara dan Kengo Miyazawa.

Ketika memasuki masa SMA. Kyousuke merasa bahwa Rin pasti kesepian dikarenakan sekililingnya hanyalah teman-teman cowok. Karena itu dia meminta Riki dan Rin untuk mencari anggota baru. Saat itu, Riki berhasil mendapatkan lima anggota perempuan baru, yaitu Komari Kamikita, Mio Nishizono, Haruka Saigusa, Yuiko Kurugaya dan Kudryavka Noumi.

little busters
3. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai
anime sedih menangis anohana

Selanjutnya adalah Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai atau yang biasa disebut dengan Anohana. Anime yang dirilis pada tahun 2011 di produksi oleh A-1 Pictures ini ber-genre Slice of Life yang memiliki 12 episode.

Bercerita tentang kehidupan Jinta Yadomi yang hidup damai sebagai hikkikomori, yang menghabiskan hari liburnya dari sekolah dengan bermain game satu hari penuh di dalam rumah.

Suatu hari, Honma Meiko atau panggilan masa kecilnya “Menma” muncul di hadapan Jinta. Menma meminta bantuan Jinta untuk mengabulkan permohonannya agar bisa pergi ke akhirat. Karena menma tidak bisa mengingat permohonannya, Jinta mengumpulkan teman-temannya karena Jinta percaya bahwa mereka tau solusinya.

4. Clannad & Clannad: After Story
anime sedih menangis clannad

Clannad adalah serial anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation yang didasarkan dari visual novel buatan KEY. Clannad rilis pada tahun 2007 dan memiliki 23 episode, sedangkan season keduanya yaitu Clannad: After Story dirilis pada tahun 2008 dan memiliki 24 episode.

Menceritakan kisah seorang murid SMA kelas 3 bernama Tomoya Okazaki yang dianggap orang sekitarnya berandalan hanya karena Tomoya sering membolos sekolah. Bagi Tomoya, kehidupannya terasa membosankan. Sampai akhirnya, pada suatu hari dia bertemu seorang yang kurang percaya diri karena dia harus mengulang kelas karena sakit.

5. Boku dake ga Inai Machi
anime sedih menangis boku dake ga inai machi

Boku Dake ga Inai Machi yang dikenal juga sebagai ERASED adalah anime yang diadaptasi dari serial manga seinen jepang yang ditulis dan diilustarsikan oleh Kei Sanbe. Di produksi oleh A-1 Pictures, anime ini dirilis pada tahun 2016 dengan episode berjumlah 12.

Bercerita tentang Satoru Fujinima, seorang pemuda yang memiliki kemampuan untuk mengirim dirinya kembali ke masa lalu sebelum kejadian berbahaya terjadi, sehingga memungkinkan dirinya untuk melakukan pencegahan.

Namun, ketika Satoru dituduh membunuh ibunya sendiri. Satoru dikirim kembali ke masa lalu, tetapi kali dia dikirim ke tahun 1998, saat dia masih di sekolah dasar. Memberinya kesempatan untuk mencegah penculikan berantai yang merenggut kedua teman sekelasnya dan seorang anak kecil dari sekolah lain.

6. Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru
anime sedih menangis yuuki yuuna

Selanjutnya adalah Yuuki Yuuna series, anime ini di produksi oleh Studio Gokumi dan menghadirkan 3 series anime untuk saat ini. Series pertama berjudul “Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru” hadir pada tahun 2014 dan memiliki 13 episode. Series kedua memiliki judul “Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru: Washio Sumi no Shou” yang merupakan prequel dari series pertama, hadir pada tahun 2017 dan memiliki 6 episode. Yang terakhir adalah “Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru: Yuusha no Shou“, merupakan sequel dari series pertama anime tersebut.

Bercerita tentang Yuuki Yuuna, seorang pahlawan yang aktif di Klub Pahlawan sekolahnya. Klubnya berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk membantu orang lain dan membuat orang lain bahagia.

Pada suatu hari, datang sebuah kekuatan misterius disebut sebagai “Vertex” yang meneror dunia. Yuuna bersama dengan sahabatnya harus berubah menjadi gadis penyihir untuk melawan Vertex. Selain bermain bersama anak-anak seumuran, dia juga harus berjuang untuk melindungi dunia dari serangan Vertex.

7. Kimi no Suizou wo Tabetai
anime sedih menangis pancreas

Kimi no Suizou wo Tabetai adalah anime yang di adaptasi dari sebuah light novel karya penulis Jepang Yoru Sumino. Mendapatkan sebuah adaptasi manga pada tahun 2016, dan menjadi sebuah film live-action berjudul Let Me Eat Your Pancreas pada tahun 2017. Pada akhirnya diadaptasi menjadi anime yang di produksi oleh Studio VOLN pada tahun 2018.

Cerita berpusat pada seorang siswa biasa yang suka membaca bernama Shiga Haruki. Ketika sedang di rumah sakit, dirinya tanpa sengaja menemukan sebuah buku catatan yang tergeletak. Ketika membaca buku itu, ternyata itu adalah catatan harian milik teman sekelasnya bernama Yamauchi Sakura yang merupakan siswi yang cantik, populer dan periang.

8. Golden Time
golden time

Golden Time adalah anime yang diadaptasi dari seri light novel yang ditulis oleh Yuyuko Takemiya, dan diilustrasikan oleh Eji Komatsu. Diadaptasi oleh J.C.Staff, hadir pada tahun 2013 dan memiliki episode berjumlah 24.

Bercerita tentang mahasiswa bernama Tada Banri, dia baru saja pindah ke salah satu Universitas yang berada di Tokyo setelah mengalami kecelakaan dan membuat dirinya melupakan hampir semua ingatan di masa lalunya. Dia juga mendapatkan teman baru yang bernama Yanagisawa Mitsuo.

Tapi saat baru saja memulai kehidupan kuliahnya, muncul seorang gadis cantik bernama Kaga Kouko. Kaga merupakan teman masa kecil Mitssuo sekaligus wanita yang menyukai Mitsuo. Kemunculan Kaga merupakan awal dari kisah Tada Banri.

9. Violet Evergarden
violet evergarden

Selanjutnya adalah Violet Evergarden, anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation ini diadaptasi dari sebuah light novel yang ditulis oleh Kana Akatsuki, dan diilustrasikan oleh Akiko Takase. Seri ini juga memenangkan penghargaan untuk kategori novel dalam penghargaan Kyoto Animation kelima pada tahun 2014. Violet Evergarden diadaptasi menjadi serial anime berjumlah 13 episode.

Cerita dari Violet Evergarden berpusat di sekitar para “Boneka Kenangan Otomatis”, yaitu orang-orang yang menyediakan jasa menulis untuk orang lain. Cerita ini mengisahkan perjalanan Violet Evergarden yang mencoba membaur di tengah kehidupan masyarakat setelah perang usai, sekaligus mencari tujuan hidupnya setelah tidak lagi menjadi prajurit.

10. SKET Dance
sket dance

Sket Dance adalah anime ber-genre komedi yang diadaptasi dari serial manga Jepang yng ditulis dan diilustrasikan oleh Kenta Shinohara. Sket Dance memenangkan penghargaan Manga Shogakukan edisi ke-55 pada tahun 2009 untuk kategori manga shonen terbaik. Serial ini mendapatkan adaptasi anime yang diproduksi oleh Tatsunuko Production yang hadir pada tahun 2011 dan memiliki episode sebanyak 77.

Anime ini berfokus pada petualangan klub relawan SMA Kaimei yang dinamakan Sket Dan. Sket Dan dikhususkan untuk memecahkan setiap masalah yang disampaikan oleh staf sekolah sampai para murid. Namun, hanya karena mendapatkan tugas-tugas yang kurang penting, reputasi mereka kurang bagus dan sering dianggap remeh. Sket Dan hanya memiliki 3 anggota, yaitu Fujisaki Yuusuke atau yang biasa disebut Bossun sebagai ketuanya, Usui Kazuyoshim dan Onizuka Hime.

Meskipun anime ini bertipe komedi, terdapat juga cerita sedih yang bisa membuat sobat GameZeRO menangis.

11. Toradora!

Toradora! merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari light novel yang ditulis oleh Yuyuko Takemiya, dengan ilustrasinya Yasu. Toradora! mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2006 dengan jumlah episode sebanyak 25 yang diproduksi oleh J.C.Staff.

Cerita Toradora! dimulai dengan sang protagonis Ryuji Takasu yang merasa frustasi saat memasuki tahun ke-2 masa SMA. Meskipun memiliki kepribadian yang lembut, tetapi tatapan wajahnya yang menakutkan membuat dirinya benar-benar putus asa tentang peluangnya untuk mendapatkan pacar dalam waktu dekat.

Namun, ia tiba-tiba bertemu wanita paling berbahaya di sekolah, Taiga Aisaka yang kebetulan juga berada di kelasnya dan merupakan teman baik dari orang yang Ryuji suka, yaitu Minori.

12. Koe no Katachi
koe no katachi

Selanjutnya adalah anime movie yang diadaptasi dari sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshitoki Oima, yaitu Koe no Katachi. Koe no Katachi diadaptasi menjadi anime pada tahun 2016 yang diproduksi oleh Kyoto Animation.

Cerita bermula dari masa kecil Shoya Ishida yang selalu bertindak sesuai keinginannya untuk menghilangkan kebosanan. Masuknya sisiwi baru bernama Shoko Nishimiya ke dalam kelasnya menarik minatnya untuk menjahilinya, setelah Shoko memberi tau kepada teman sekelasnya bahwa dia tuli. Terlepas dari kecacatannya, Shoko mencoba yang terbaik untuk hidup normal dan menjalin hubungan dengan teman sekelasnya.

13. Guilty Crown

Guilty Crown adalah seri anime yang diproduksi oleh Production I.G pada tahun 2011 dengan total episode sebanyak 22. Guilty Crown adalah anime original yang mendapatkan 2 adaptasi manga yang di-publish oleh ASCII Media Works dan Square Enix. Mendapatkan sebuah light novel juga yang di-publish oleh Nitroplus berjudul Guilty Crown: Princess of Deadpool di April 2012.

Sepuluh tahun setelah menyebarnya “Virus Apocalypse“. Peristiwa yang tragis itu dinamai dengan “Lost Christmas” yang menyebabkan kekacauan di Jepang. Dikarenakan Jepang tidak dapat menahan ancaman, Jepang mencari bantuan internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengirimkan sebuah organisasi yang dikenal sebagai GHQ. GHQ berhasil menahan wabah dan memulihkan tingkat keadaan normal dengan mengorbankan kemerdekaan Jepang.

Berfokus pada Ouma Shu, seorang murid anak SMA yang mendapatkan kekuatan yang disebut dengan “Kekuatan Raja” yang membuatnya bisa mengeluarkan sebuah item yang bernama “Voids” dari orang lain.

14. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka? (SukaSuka)

Yang terakhir adalah Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka? atau yang biasa disebut dengan SukaSuka, sebuah anime yang diadaptasi dari sebuah light novel yang ditulis oleh Akira Kareno dan diilustrasikan oleh Ue. Mendapatkan adapatasi anime pada tahun 2017, anime ini diproduksi oleh Satelight dan C2C dan mendapatkan episode sebanyak 13.

Cerita berfokus kepada Willem Kmetsch yang merupakan satu-satunya ras manusia terakhir yang masih hidup setelah tertidur selama 500 tahun. Wilem kini ditugaskan untuk menjaga persenjataan militer untuk melawan “Beast“. Dia menerima tugas tersebut tanpa pikir panjang dan menyadari bahwa yang dia jaga adalah “Leprechauns”. Willem ditugaskan untuk menjadi seorang ayah yang menjadi panutan para Leprechauns, yaitu dengan mengawasi serta mendukung mereka dan berharap dia akan bisa mengalahkan para Beast dan kembali kerumah dengan selamat.

Itulah 14 rekomendasi anime sedih yang bisa membuat kalian menangis. Kalian bisa menonton anime-anime yang kami rekomendasikan untuk mengisi waktu luang. Tetapi jangan lupa siapkan tisu sebelum menonton animenya ya sobat GameZeRO.