5 Jenis Lag Saat Bermain Game Online, Penyebab Dan Solusinya.

Tips & Tricks

Pada saat bermain game online, lag merupakan musuh terbesar bagi para gamers. Gimana enggak, saat lagi asyik-asyiknya bermain game namun tiba-tiba PC atau laptop tak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga bisa mengakibatkan kekalahan dan kerugian lain saat bermain game. Ada yang tahu lag itu apa ? Berikut penjelasannya :

Lag di game online adalah kondisi dimana gerakan pada saat kita bermain game timingnya / waktunya tidak sesuai dengan eksekusi yang dilakukan. Akibatnya ada jeda yang bisa menimbulkan berbagai kerugian bagi gamer. Tetapi lag yang sering di temukan pada game online ini sebenarnya ada penyebabnya dan bisa kalian cegah sebelum terjadi. Berikut penjelasan detail mengenai 5 jenis lag saat bermain game dan solusi untuk mengatasinya.

1. Lag Ping

Ping adalah istilah dalam koneksi internet yang memberikan informasi seberapa cepat respon bolak-balik antara pemain dengan server game yang sedang di jalankan. Satuan yang sering digunakan untuk mengukur ping adalah milisecond (ms) dan semakin kecil angka ping maka akan semakin nyaman saat bermain. Lag terjadi pada Ping berada di atas angka 100 ms.

Ciri ciri lag pada game online yaitu karakter kalian tetap bergerak secara normal, Tetapi karakter kalian terlihat seperti jalan di tempat atau berputar-putar di tempat yang sama. Penyebab ping meninggi bisa dikarenakan oleh masalah pada server game, ISP atau modem yang kalian pakai atau bisa juga dikarenakan adanya software di PC atau laptop yang sedang terupdate secara otomatis.

2. Lag Bandwidth

Bandwidth juga bagian dari koneksi internet yang sering menjadi masalah dan penyebab lag saat main game online. Biasanya game online memakai sedikit bandwidth pada saat game dimainkan, namun jika bandwidth terlalu kecil bisa membuat ping naik secara mendadak dan membuat game terasa lama dari seharusnya. Besar kecilnya bandwidth ini tergantung dari provider internet yang digunakan dan akan bertambah kecil ketika Kamu melakukan multitasking saat bermain game, misalnya sambil mendownload file besar.

3. Lag Visual

Lag yang juga dikenal dengan nama lag grafik ini bisa terjadi jika spesifikasi yang Kamu miliki tidak cukup tinggi untuk memainkan sebuah game berat. Komponen PC/laptop yang sangat berpengaruh dan menampung beban berat pada saat game di jalankan adalah kartu grafis atau VGA card.

Ciri-ciri dari lag ini yaitu game yang terasa sangat berat dan juga lambat saat dimainkan. Solusinya, Kamu bisa melakukan overlock VGA dan kalau tidak berhasil juga, cara lainnya yaitu dengan cara mengganti kartu VGA kalian dengan yang lebih tinggi spesifikasinya atau membeli PC Gaming terbaik untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik dan mulus.

4. Lag Server

Server game yang dimainkan juga bisa juga menjadi salah satu penyebab lag saat bermain game online. Sekencang apapun koneksi internet kalian atau sebaik apapun laptop/pc gaming yang kalian punya, tidak akan berpengaruh jika server game sedang bermasalah. Kejadian ini sangat sering terjadi pada game yang baru dirilis, tetapi game besar sekelas PUBG juga baru-baru ini dikabarkan sendang mengalami gangguan server yang membuat emosi para gamers.

Untuk lag ini tidak ada solusinya, di karenakan sumber lag berasal dari server game yang berada di luar jangkauan gamers. Cara terbaiknya yaitu menunggu server kembali normal baru kemudian lanjut main lagi, intinya jangan maksa main kalau lag!

5. Lag RAM

lag jenis yang satu ini sangat banyak di alami oleh para gamers yang low budgt wkwk. Penyebab dari lag ini di karenakan besarnya RAM yang kalian punya masih di bawah standar walaupun kartu VGA-nya sudah yang paling bagus, tetapi jika RAM kalian hanya 1 GB pastinya sangat lag saat memainkan game-game dengan grafis tinggi seperti jenis MMORPG. Cara terbaik untuk mengatasi lag jenis ini yaitu dengan upgrade RAM PC maupun laptop kalian ke kapasitas yang lebih tinggi, misalnya 4 – 8 GB atau 8-16 rekomendasi dari mimin.

Nah itu tadi jenis, penyebab lag saat bermain game. Ikuti terus Gamezero.id untuk tahu lebih banyak info mengenai berbagai info mengenai gaming.