Fakta God of War

7 Fakta Menarik God of War yang Tidak Ketahui Banyak Orang!

Game Konsol Movie PC Reviews

Pada tahun 2005, God of War pertama kali dirilis dan sejak saat itu, nama Kratos mulai melambung tinggi dan dianggap sebagai salah satu karakter paling garang sepanjang sejarah video games. God of War juga meraih kesuksesan yang luar biasa terlepas dari fakta bahwa ia merupakan game ekslusif atau hanya dirilis untuk Playstation.

Layaknya berbagai game fenomenal lain, God of War juga memiliki serangkain fakta menarik yang tidak ketahui banyak orang atau bahkan fans-nya sendiri. Berikut ini kami sudah merangkum 7 fakta menarik God of War di bawah ini. Cuss langsun saja.

7 Fakta Menarik God of War

1. Awalnya Diinginkan seperti Game Onimusha

Onimusha merupakan seri game garapan Capcom yang mirip Resident Evil, namun dengan ninja dan latar era Sengoku. Gamenya sendiri melibatkan mitologi Jepang dengan pemain berperan sebagai ninja yang menghabisi para monster.

Awalnya, God of War diinginkan seperti itu setelah David Jaffe selaku game designer, memainkan Onimusha dan menyukai konsepnya. Namun, keinginan itu akhirnya tidak tercapai setelah God of War lahir dengan identitas uniknya dan jauh dari kata mirip dengan Onimusha.

2. Menggabungkan Elemen dari Devil May Cry dan ICO, American McGee’s Alice

Tim developer di balik God of War menaruh perhatian besar terhadap game third-person. Sehingga ketika menggarap God of War, mereka menyadari bahwa mereka bisa menggabungkan elemen dari berbagai game yang mereka suka ke dalam game itu sendiri.

Akhirnya, ICO menjadi inspirasi untuk aspek puzzle sementara Devil May Cry berakhir sebagai inspirasi untuk aksi dan combat. Tak hanya itu saja, American Gree’s Alice juga turut menyumbang inspirasi untuk bagian cerita dengan twist yang unik.

3. Kratos Awalnya Bertato Warna Biru

Lumayan mengejutkan ketika mengetahui bahwa tato Kratos berwarna merah yang menyelimuti tubuhnya. Awalnya, Kratos ditujukan untuk berwarna biru. Karena menurut Jaffe, merah terlalu “Roma” ketimbang Yunani. Selain itu, biru juga terlihat tidak begitu sadis ketimbang merah yang seakan merepresentasikan darah.

Namun akhirnya, tato Kratos pun diganti menjadi berwarna merah di menit-menit akhir pengembangan. Alasannya sederhana karena dengan tato biru, Kratos Nampak terlalu mirip dengan salah satu karakter Diablo 2.

4. Mengalami perubahan banyak konsep

Tidak hanya masalah tato saja, bentuk Kratos juga banyak mengalami perubahan di sepanjang pengembangannya. Bahkan, salah satu di antaranya menampilkan Kratos dengan tampilan ala peri dan yang lain, Nampak seperti seorang binaragawan dengan bayi yang terikat dipunggung.

Dari sekian banyaknya bentuk, akhirnya Kratos tampil dengan kepala plontos, muka sangar, dan tato berwarna merah. Ide cermerlang tersebut diambil dari salah satu ide dari konsep awalnya.

5. Tanggal Rilis Tiap Game Selalu Memiliki Arti

Game pertama dan beberapa sekuel berikutnya, dirilis pada bulan Maret dan itu bukan tanpa alasan. Itu dipilih karena Maret memiliki kaitan dengan Ares, dewa perang di mitologi Yunani. Dalam mitologi Romawi, Ares dikenal sebagai Mars dan nama bulan Maret, terinspirasi dari Mars itu sendiri.

Dengan pemikiran seperti itu, akhirnya Maret ditetapkan sebagai bulan untuk perilisan sebagian besar game di seri God of War. Game terbarunya yang dirilis untuk PS4 sayangnya tidak dirilis di bulan Maret, melainkan April karena sudah tidak berbau mitologi Yunani dan Romawi.

6. Awalnya Kratos Hanya Mengenakan Sebuah Armor

Pada awalnya, Kratos memiliki tampilan keren dengan mengenakan armor, alih-alih hanya telanjang dada. Armor tersebut dilepas di tengah-tengah pengembangan karena tim developer merasa bahwa hal itu membuat Kratos menjadi kurang brutal dan garang.

Selain itu, dengan armor, Kratos juga jadi Nampak seperti seorang prajurit biasa ketimbang seorang dewa perang. Keputusan untuk melepas armor ini pada akhirnya terbukti tepat, dengan pemain bisa melihat banyak bekas luka, yang notabene sangat penting bagi latar belakangnya.

7. Terinspirasi dari Film Clash of The Titans

Fakta yang terakhir ini mungkin tidak begitu mencengangkan. Ketika menggarap God of War, Jaffe mengaku bahwa ia sangat suka dengan apa yang Clash of The Titans lakukan terhadap mitologi Yunani.

Beberapa kritikus bahkan juga setuju dengan pendapat tersebut dan menyebut bahwa God of War merupakan hal terbaik tentang mitologi Yunani setelah film Clash of The Titans dirilis pada tahun 80-an. Sejauh ini, film adaptasi God of War belum digarap dan penggemar nampaknya sedang menunggu agar hal tersebut bisa terealisasikan.

Nah, itulah 7 fakta menarik tentang God of War yang tidak ketahui banyak orang. Dari semua seri GOW, manakah seri yang paling kalian suka? Jangan lupa untuk terus ikuti Gamezero.id agar kalian tidak ketinggalan berita menarik seputar dunia games, gadget, teknologi, movies, eSports, dan lain-lain.