PlayStation 4

Alasan Sony Hentikan Produksi PlayStation 4 di Jepang

Gadget Game Konsol

Perilisan konsol next-gen pada tahun 2020 lalu telah membuat sejarah baru dalam industri game. Meskipun banyak game yang mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, konsol next-gen tetap dinantikan oleh para penggemarnya.

Salah satu konsol next-gen yang paling dinantikan adalah PlayStation 5 yang telah dirilis pada tanggal 12 November 2020 lalu oleh Sony. Seperti yang diketahui perusahaan game asal Jepang itu hanya menjual konsol game ini secara online karena adanya pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, konsol game ini dapat terjual habis dengan cepat. Bahkan Walmart harus menerapkan sistem keamanan situs mereka untuk menghindari bot yang berusaha membeli semua konsol game ini.

PlayStation 4

Selain itu, GameWatch mengungkapkan bahwa pada awal tahun ini Sony akan hentikan produksi untuk semua model PlayStation 4 termasuk PlayStation 4 Pro di Jepang. Namun, ada pengecualian untuk PlayStation 4 Slim Jet Black 500GB yang akan tetap diproduksi di Jepang.

Tidak diketahui apakah kebijakan ini hanya berlaku untuk di Jepang saja atau di wilayah lain juga. Namun yang jelas pengguna tidak akan bisa lagi membeli PlayStation 4 maupun PlayStation 4 Pro di Negeri Sakura tersebut.

Kebijakan pemberhentian produksi konsol game ini sendiri bukan tanpa alasan. Sony mengatakan bahwa biaya produksi PlayStation 4 akan dialokasikan untuk produksi PlayStation 5.

Selain itu, harga yang sama antara PlayStation 4 Pro dengan PlayStation 5 versi digital juga menjadi salah satu pertimbangan Sony untuk menghentikan produksi PlayStation 4 Pro.

Sejauh ini kebijakan pemberhentian produksi PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro hanya berlaku di Jepang saja. Namun jika permintaan PlayStation 5 terus meningkat, bisa saja kebijakan ini diterapkan secara global.