Bad Boys for Life: Reuni Setelah 24 Tahun!

Boys For Life: Reuni
Sumber: Idntimes.com

Bad Boys for Life – Perang melawan penegak hukum dan serangkaian pembunuhan demi balas dendam. Film produksi Columbia Pictures ini dibintangin oleh Will Smith, Martin Lawrence, Vanessa Hudgens, Alexander Ludwig, Charles Melton, Paola Nunez, Kate Del Castillo, Nicky Jam, dan Joe Pantoliano.

Boys For Life: Reuni
Sumber: Zeebiz.com/Bad Boys For Life: Reuni

Trilogi waralaba dari Bad Boys kali ini berjudul Bad Boys For Life garapan sutradara adil El Arbi dan Billal Fallah. Film bergenre komedi-aksi ini memperlihatkan kembali aksi Mike dan Marcus dimasa paruh bayah mereka. Dua sahabat yang selalu terlihat kompak ini mulai menunjukkan visi yang berbeda, Mike ingin tetap jadi ‘jagoan’ karena merasa tidak punya tanggungan, sedangkan Marcus ingin pensiun setelah menjadi seorang kakek.

Sumber: imdb.com/Bad Boys For Life: Reuni

Film yang bersetting di Miami dan Meksiko ini dibuka dengan adegan kejar-kejaran antara mobil sports Porsche biru versus mobil patrol dari kepolisian Miami. Raungan sirene polisi yang memekakkan telinga terlihat begitu kalang ‘kabut’ mengimbangi keahlian memanuver dari Mike Lowrey (Mike dan Marcus Burnette). Untuk sejenak, mata penonton diajak menikmati keindahan Miami beach tempat orang-orang kaya berjemur matahari Mike dan Marcus terpaksa berulah dijalannan untuk menemukan jalan pintas menjuju rumah sakit guna menyongsong kehadiran cucu pertama detective Marcus.

Sementara itu, Isabel Aretas, ratu kartel narkoba berhasil kabur dari penjara Ixcotel, Meksiko. Isabel menyuruh sang anak, Armando Aretas untuk mengembalikan kehormatan keluarga. Dia mengirim anaknya ke Miami guna mencari jutaan dolar milik mendiang suaminya Benitto Aretas yang tekubur di laut. “Dengan uang itu kita bisa membalas dendam. Orang-orang yang merusak keluarga kita akan tahun rasanya diburu”. Itulah ‘moto’ dari sang ibu agar anaknya segera memburu dan membunuh orang-orang yang ada di daftar.

Sumber: imdb.com/Bad Boys For Life: Reuni

Setelah selesai, perayaan kelahiran sang cucu, Marcus mengatakan ingin pensiun. Mike pun tidak setuju. Mereka berdebat akhirnya taruhan lomba lari, kalau Mike yang menang berarti mereka tetap dinas. Tentu saja Mike yang mengungguli Marcus. Tiba-tiba seorang pengendara motor melepaskan dua tembakan yang membuat Mike ‘roboh’ bersimbah darah detective Mike Lowrey ditembus peluru SS190 keluaran Herstal. Kemudian, Rodgrigo Fargas jaksa penuntun yang telah pensiun mati terkapar di kolam renang kena terjangan peluru. Dokter Jack Weber, pakar forensic DEA tergeletak diatas kapal pesiarnya dengan kepala tertembus peluru. Hakim Leon Sorenson, ditembak diluar gedung pengadilan. Itulah rangkaian pembunuhan bergaya eksekusi dari Armando Aretas demi memenuhi sang ibu Isabel Aretas.

6 bulan berlalu, polisi ‘anti peluru’ Mike Lowrey akhirnya sembuh. Ia bertekad untuk membalas dedam dan menyelidiki kasusnya, kali ini ia terpaksa berpartner denan Rita karena Marcus bersihkeras ingin tetap pensiun mereka menyelidiki penjual senjata Buker Grassie. Tapi malangya, ia tertembak suatu transaksi. Carver Remy, seorang informan menghubungi Marcus dan mengatakan bahwa penembak itu kini sedang memburunya sebelum mereka menemui Carver mayatnya sudah terlempar ke lantai bawah. Kemudian kapten Howard juga dihabisi oleh Armando. Kematian kapten lah yang meyatukan ‘duet’ maut Mike dan Marcus beraksi kembali.

penyelediakan mereka mengarah kepada Zwaylo akuntan perusahaan Armando. Dengan terpaksa Armando menembak mati sang akuntan karena menghalangi jarak ‘bidik’ nya untuk melubangi Mike. Ketika itu Armando mengucapkan “ Hasta El Fuego”. Tembakan dari Marcus yang menyelamatkan Mike hingga jatuh ke dalam air.

Karena kata “ Hasta El Fuego” yang berarti akan bersama sampai mati, Mike teringan akan masa lalunya dan menceritakannya kepada Marcus. Isabel adalah ‘La Bruja’ sang penyihir yang mendalami ilmu hitam dan pembunuh berdarah dingin. 24 tahun yang lalu, Mike menyamar sebagai sopir di kartel Aretas, Meksiko. Dia menjalin asmara dengan Isabel Aretas istri dari pemimpin kartel narkoba Meksiko Benito Aretas. Karena penyerbuan DEA, ATF penyamarannya terbongkar dan ia pun memenjarakan Isabel dan memilih untuk tetap menjadi polisi. Dipenjara Isabel melahirkan seorang anak laki-laki bernama Armando.

Siapa Armando ini? Mike ditemani oleh Marcus menuju Meksiko untuk menemui Isabel. Pertemuan mereka disambut dengan desingan peluru, ledakan geranat, adu jotos, dan genangan darah. Begitu tau, kalau Armando itu adalah putranya Mike terlihat haru, bangga, dan mengatakan tidak akan berkelahi dengan keturunan itu.

Seperti kata pepatah, “buah jatuh tak jauh dari pohonnya” seperti itulah Armando dengan Michael. “Armando adalah versi jahat dari Mike”, kata Marcus. Aura negative sangan dominan pada dirinya.

Film komedi aksi yang penuh ‘banyolan’ dan ‘candaan’ ini mampu menyatukan penggemar Bad Boys dari era tahun 1995, tahun 2003, hingga 2020. Dimana film superhero ‘bertebaran’ bisa sedikit tergeser oleh kisah manusiawi dengan usia paruh bayahnya yang tetap mampu membuat penonton terbahak-bahak, terharu bahagia, dan juga sedih.

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di Gamezero.id