The Legend of Neverland

Benarkah The Legend of Neverland Meniru Genshin Impact?

Game Mobile News

Kesuksesan game Genshin Impact menjadi sebuah inspirasi bagi pengembang game lainnya untuk membuat jenis game dengan konsep yang serupa. Namun apa jadinya jika pengembang game tersebut mengambil terlalu banyak konsep yang sama, hingga dituding sebagai plagiarisme. Seperti yang viral pada saat ini, yakni game mobile The Legend of Neverland yang diterbitkan oleh penerbit asal Korea, GameArk Global. The Legend of Neverland disebut meniru konsep yang sama persis seperti Genshin Impact.

Genshin Impact sendiri adalah action role-playing game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh miHoYo pada tanggal 28 September 2020 lalu. Meskipun baru dirilis beberapa bulan yang lalu, game ini berhasil meraup 1 Miliar USD hanya dari platform mobile saja pada 6 bulan pertama perilisan.

Tidak heran jika penerbit seperti GameArk Global membuat The Legend of Neverland dengan konsep yang serupa seperti Genshin Impact. Namun seperti yang diketahui, bahwa pengambilan konsep terdapat batas tertentu supaya tidak melanggar hukum dengan tuntutan hak cipta.

Perbandingan Genshin Impact dengan The Legend of Neverland. @ZhugeEX

The Legend of Neverland diketahui telah membuka masa pre-registrasinya pada 21 Mei 2021 dengan Close Beta Test (CBT) yang telah dimulai lebih dahulu pada tanggal 15 Mei 2021 lalu. Hal tersebut menunjukan bahwa game ini akan rilis dalam waktu dekat di platform mobile. Dan tidak heran jika baru – baru ini banyak orang yang melihat iklan dari game ini di media sosial, contohnya seperti YouTube.

Iklan dari game The Legend of Neverland tersebut menjadi viral dan perbincangan banyak orang. Bahkan seorang analisis video game terpercaya, Daniel Ahmad atau ZhugeEX. Melalui akun twitter resminya ia mengatakan bahwa The Legend of Neverland meniru Genshin Impact dengan menggunakan seni, font, desain, dan mekanisme game yang sangat serupa.

“Sepertinya game ini berasal dari penerbit Korea, Game- Ark. Menggunakan seni, font, desain, dan mekanisme lain yang sama dengan yang digunakan di Genshin. Bahkan iklan memainkan aspek Genshin Impact dengan rekreasi hampir 1:1” kata Daniel Ahmad.

Walaupun begitu, The Legend of Neverland sendiri belum rilis secara resmi. Jadi GameArk Global belum terbukti melakukan plagiarisme. Kini game MMORPG dan Open-World, The Legend of Neverland telah membuka masa pre-registrasinya di Play Store dan App Store.