Cara Menghubungkan VR dan Alat Pendukung Lainnya Ke PC Agar Bisa Bermain Game VR

News

Para pecinta game pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Virtual Reality (VR). Teknologi ini benar-benar imersif untuk membuatmu terkagum dengan apa yang dilihat. Dengan perangkat VR, tampilan visual yang kamu lihat seolah-olah nyata layaknya ada di hadapanmu. Pastinya jika kalian main game Virtual Reality akan terasa menakjubkan.

Oleh karena itulah tergantung headset yang kita pakai

Maka itu, tergantung headset yang kamu pakai, berikut apa saja yang harus di perhatikan agar bisa puas memainkan VR!

PC gaming yang dapat menangani VR

  1. Kartu grafis: NVIDA GTX 1060 / AMD Radeon RX 460 atau lebih tinggi.
    Kartu grafis alternatif: NVIDIA GTX 970 / AMD Radeon R9 atau lebih tinggi.
  2. CPU: Intel i4-4590 / AMD Ryzen 5 1500X atau lebih tinggi
  3. Memory: 8 GB + RAM
  4. Output video: Output video HDMI 1.3 yang kompatibel
  5. Port USB: 3x port 3.0 ditambah 1x port USB 2.0
  6. OS: Windows 7 SP1 64 bit atau yang terbaru

Pada saat sekarang VR menjadi perangkat yang paling populer. Sebelum kita menggunakannya ktia harus mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu.

Mengatur Playspace

Pada saat Bermain gameVirtual Reality yang harus kalian perhatikan adalah ruangan kalian sendiri karena bermain game VR ini benar-benar menghalangi penglihatan, sehingga untuk menghindari tersandung furniture atau menginjak binatang peliharaan kamu secara tidak sengaja, kalian harus memastikan terlebih dulu bahwa ruangan yang digunakan telah aman. Sebaiknya kamu harus memiliki cukup ruang yang agak luas untuk maju tiga atau empat langkah ke segala arah.

Cara untuk Menghubungkan VR ke PC Gaming

Apakah kalian sudah punya headset VR?, dan siap untuk bersenang-senang? Apapun merek headset VR yang kamu gunakan, umumnya secara garis besar memiliki langkah-langkah pemasangan seperti berikut ini:

  1. Setelah tersambung dengan PC/Laptop Kalian, kemudian buka program Mixed Reality Portal di Windows 10 kalian. Biasanya program ini sudah langsung terinstal. Bila belum install dulu saja. Program bisa didapatkan di Microsoft Store.
  2. Setelah membuka software tersebut, kemudian klik Tombol Simulation dan Controller menjadi ON. Tunggu beberapa saat sampai hardware terdeteksi di komputer kalian.
  3. Untuk memulai menggunakannya, jangan lupa kalian memasang baterai di perangkat hardware kalian. Kemudian hidupkan perangkat Virtual Reality Kalian.
  4. Untuk bisa mendengarkan suara yang lebih asik, sebaiknya kalian menggunakan headset yang bagus. Tapi harganya cukup mahal sih.

Virtual reality ini bisa dibilang juga dengan sensasi menonton video 360 derajat. Untuk pengguna virtual reality ini wajib menggunakan sebuah alat yang bernama Gadget VR yang tadi di atas disebut bentuknya seperti kacamata itu.

Virtual reality sekarang sudah diadaptasi untuk game berbasis PC seperti sebuah perangkat bernama Oculus Rift dan HTC Vive, namun kedua perangkat tersebut memiliki harga yang sangat mahal.