Cara Mudah Merekam Layar Android Tanpa Root!

cara rekam layar

Penggunaan gadget saat ini merupakan hal yang umum digunakan oleh banyak orang, salah satunya seperti kebutuhan para youtuber gaming mobile yang tak terlepas dari kegiatan merekam layar. Namun tak sedikit dari mereka yang merasa kesusahan saat merekam layar smartphone androidnya lantaran beberapa aplikasi perekam layar membutuhkan hak akses Root!

Nah, dari sekian banyak aplikasi perekam layar Android, GameZero merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi perekam layar dari AZ Screen Recorder. Mengapa? Karena selain tidak memerlukan akses root, aplikasi tersebut mendukung resolusi hingga 2160 x 1080 pixel dan mendukung frame rate hingga 60 FPS!

Kali ini GameZero akan memberikan tutorial cara mudah merekam layar di android tanpa root. Lansung aja ya guys tutorialnya di bawah ini:

1. Pastikan aplikasi AZ Screen Recorder telah diinstall dan berjalan

Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi perekam layar tersebut berjalan dengan baik. Jikalau kalian belum mendownloadnya, kalian dapat menginstall aplikasi ini melalui link berikut : AZ Screen Recorder

Setelah itu kalian dapat membuka aplikasi tersebut, apabila berjalan sukses akan tampil seperti gambar di bawah ini:

2. Sesuaikan pengaturan pada AZ Screen Recorder

Kalian dapat menyesuaikan pengaturan dari aplikasi ini seperti kualitas resolusi video dan frame rate video sesuai dengan kebutuhan kalian ya guys! Kalian dapat melakukannya dengan menyentuh icon pengaturan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

3. Mulai merekam layar!

Setelah kalian selesai melakukan pengaturan, langkah selanjutnya kalian dapat mencoba untuk memulai aktivitas merekam layar dengan menyentuh tombol yang ditandai warnah merah dan otomatis akan mulai melakukan penghitungan mundur untuk memulai merekam layar seperti pada gambar di bawah ini:

                 

Apabila kalian ingin menghentikan dan menyimpan hasil rekaman layar yang telah kalian rekam sebelumnya, kalian dapat melakukannya dengan cara swipe pada menu pemberitahuan di layar android kalian dan nantinya akan ada menu AZ Screen Recorder dan sentuh pada warna yang ditandai merah pada gambar di bawah ini:

Itulah tutorial Cara Merekam Layar Android versi GameZero. Kelebihan dari aplikasi ini sendiri memiliki resolusi yang tinggi namun kekurangannya sendiri memerlukan penyimpanan yang cukup besar karena kapasitas video yang direkam terhitung tinggi untuk kelas smartphone menengah.