Mustahil rasanya kalau Gamer Sehebat Felix Pewdiepie sepi viewers. Tapi itulah yang terjadi pada unggahan videonya di pertengahan Oktober lalu. Bukan hanya sepi penonton, Bahkan channel Youtube Pewdiepie sulit untuk dicari luar biasa. Banyak sekali spekulasi yang bermunculan tentang hal ini.

Pembuat konten berusia 30 tahun itu memiliki Jutaan subscriber dan fans yang menantikan videonya setiap hari. Dia mengalami masalah pada Platform yang menampung ribuan videonya. Jika di cari Channel Youtube miliknya tidak akan muncul.

Fans beranggapan bahwa Google telah membekukan akunnya sehingga tidak muncul di laman pencarian. Istilah Shadowbanned berarti Youtube menolak untuk melakukan hal hal seperti memberikan notifikasi ketika pengguna lain mengirim mention.

Akhirnya Pewdiepie muncul melalui video terbarunya pada 26 Oktober lalu yang memberikan tanggapan bahwa akunnya terkena Shadowban atau BUG itulah yang menyebabkan video yang ia unggah tidak mendapatkan viewers yang sama seperti biasanya.

“Orang-orang mulai menyadari bahwa video saya tidak mendapatkan viewers yang sama seperti biasanya. Dan hal ini tersebut cukup heboh, Bahkan banyak berita yang beredar tentang hal tersebut,” ucap Pewdiepie menjelaskan masalah yang dialami oleh dirinya.

Menurut Pihak Google masalah ini terjadi karena adanya error di Channel Youtube milik Pewdiepie. Dengan kata lain Shadowbanned itu bukan berasal dari Google.

Sekarang channel Youtube milik Pewdiepie telah kembali normal dan video terbaru nya telah ditonton jutaan penonton seperti sebelumnya.