Sony telah merilis playstation 5 pada tanggal 12 November 2020 lalu. Namun seminggu setelah perilisan sudah banyak permasalahan Playstation 5 yang ditemui.

Seperti biasanya, perangkat konsol pada produksi awal memang banyak mengalami permasalahan, tidak terkecuali Sony. Biasanya pihak Sony akan memberikan update tambahan dan memperbaiki permasalahan ini pada produksi selanjutnya.

Sejumlah pengguna menemukan ada problem saat menggunakan PS5 yang tidak berasal dari kesalahan pengguna. Tampaknya memang ada bug atau error yang terlewatkan dari pengecekan pihak Sony.

Tentu saja hal ini sangat menggangu para pemain konsol ini yang ingin dengan nyaman memainkan gamenya. Namun jangan khawatir sob, berikut kami ulas daftar permasalahan Playstation 5 serta cara untuk mengatasinya.

1. Tidak bisa terhubung ke PlayStation Network

Sejumlah pengguna PS5 tidak bisa terhubung atau login ke akun PlayStation Network (PSN). Sony belum memberikan solusi yang resmi, namun sejumlah pengguna bisa mengatasiya dengan mengecek PSN Status di situs resminya atau mengecek kualitas koneksi internet di router rumah.

2. PS5 crash saat mengaktifkan rest mode

PS5 juga memiliki rest mode seperti PS4 namun saat masuk ke mode ini justru konsol mengalami crash atau hang. Sayangnya Sony belum menyediakan solusi atas keluhan ini.

Jalan satu-satunya hanya dengan mematikan rest mode. Caranya masuk ke Setting kemudian Power Saving. Selanjutnya pilih Set Time Until PS5 Enters Rest Mode dan nonaktifkan rest mode dengan memilih Disable Rest Mode

3. Game dan aplikasi macet di antrian download

Pengguna PlayStation 5 versi digital banyak yang mengeluhkan hal ini. Bahkan mereka yang sedang tidak mendownload game mendapat notifikasi antrian download.

Solusinya adalah melakukan factory reset. Namun jika masih terjadi player harus factory reset berulang kali.

4. Suara dengungan keras

Banyak pemain PlayStation 5 mengalami hal ini. Awalnya pemain mengira ini hanyalah masalah pada disc drive playstation. Namun ternyata versi digital yang menggunakan Solid Drive juga mengalaminya.

Belum ada konfirmasi solusi dari pihak sony untuk permasalahan ini.

5. Masalah konektifitas Kontroler dual sense

selama penyiapan awal, pemain harus menghubungkan pengontrol DualSense ke konsol PS5, memasangkannya, dan mengunduh pembaruan.

Permasalahan PlayStation 5 controller yang tidak dapat tersambung

Namun beberapa pemain mengalami masalah konektivitas sehingga mereka tidak dapat menyambungkan kontroler PS5 selama pembaruan dilakukan.

6. Games PS4 tidak bisa dimainkan di PS5

Sony sudah menkonfirmasi banyak game PlayStation 4 tetap bisa dimainkan di PlayStation 5. Namun beberapa pengguna menemukan notifikasi bahwa game tidak bisa dimainkan dan harus dibeli terlebih dulu.

Solusinya, masuk ke bagian User and Account, geser hingga menemukan menu Other kemudian di dalam menu tersebut pilih Restore Licenses sehingga game PS4 bisa dimainkan di PS5.

 

Bagaimana sob, jika sobat tertarik ingin membeli perangkat console alangkah baiknya menunggu sampai semua masalah selesai dulu.