Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Crows Zero

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa yang Sulit untuk Dilupakan

Movie

Jepang memang terkenal dengan Anime dan Manganya yang hingga kini sudah ada di seluruh dunia. Meskipun Asia terkenal dengan film drama, namun Negeri Sakura ini punya deretan film Jepang Terbaik dengan beragam genre yang juga bakal bikin kamu terkesan, loh.

Jadi, jangan salah beberapa dari film jepang sangat terkenal hingga dibeli dan diremake versi Hollywoodnya untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Kali ini GameZeRO akan memberikan 7 rekomendasi film jepang terbaik sepanjang masa dan sulit untuk dilupakan.

1. Ringgu (1998)

Berkisah tentang bocah bernama Sadako yang menuntut balas atas kematiannya yang misterius. Sebuah video singkat dalam bentuk VHS dan siapa pun yang menontonnya akan langsung mendapatkan telepon misterus. Setelah itu, mereka akan meninggal dalam waktu 7 hari.

Bukan hanya itu saja sisi menyeramkannya, hantu bernama Sadako ini akan muncul dari televisi dan meneror orang-orang yang sudah menonton film itu 7 hari setelahnya. Hantu ini juga memakan banyak korban dan misteri mengerikan itu harus segera terpecahkan agar tak lagi memakan korban.

Ringu‘, versi asli ‘The Ring‘ berhasil menyabet predikat film horor terbaik di Asia. Film ini berhasil mengalahkan seramnya ‘Ju-on‘ yang juga buatan Jepang. Kesuksesan ‘Ringu‘ menduduki tempat teratas polling yang diadakan majalah Giant yang rasanya cukup pantas untuk menjadi film jepang terbaik sepanjang masa.

2. Battle Royal (2000)

Pecinta film action dengan pertumpahan darah bercampur drama yang menarik, Battle Royal menjadi pilihan nomor kedua sebagai film jepang terbaik sepanjang masa. Film Battle Royale punya kisah menarik dari penanganan kenakalan remaja di Jepang.

Pemerintah memaksa para remaja untuk ikut program militer demi mengurangi jumlah kepadatan penduduk. Para remaja pun diculik untuk dikumpulkan dalam sebuah pulau kecil. Mereka juga diberi senjata dan harus saling membunuh dalam waktu tiga hari. Satu orang yang tersisa akan diperbolehkan untuk dibebaskan dan diperbolehkan pulang.

3. Spirited Away (2001)

Film Jepang Terbaik Spirited Away
Studio Ghibli film Spirited Away

Spirited Away merupakan salah satu film ikonik dari Studio Ghibli. Film keluaran tahun 2001 ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki dengan durasi 125 menit, pun Spirited Away berhasil meraih Piala Oscar sebagai film animasi terbaik pada tahun 2002.

Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro bersama kedua orangtuanya yang masuk ke dalam dunia lain. Dalam perjalanan, Chichiro dan orang tuanya menemukan sebuah taman bermain yang sudah tak terpakai. Tanpa disangka, taman bermain itu merupakan gerbang antara dunia manusia dan dunia roh.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Tentang Akhir Dunia

Chichiro dan orang tuanya pun kemudian masuk dan menjelajah di dalamnya. Sayangnya, orang tua Chichiro melakukan kesalahan dan kemudian mereka berubah menjadi babi. Chichiro pun lalu berusaha untuk menyelamatkan orang tuanya dari kutukan tersebut. Ia menjalani petualangan yang absurd namun fantastis. Terlebih, animasi, musik, cerita dari film ini sangat indah. Film ini juga lucu, menyayat hati, menginspirasi, menghangatkan hati dan sedikit menakutkan.

4. Crows Zero (2007)

Film yang satu ini bisa dibilang salah satu satu film action Jepang terbaik yang pernah ada. Untuk para milenials yang sering liat meme-nya yang bersliweran dijagat sosial media, saat mereka tawuran pasti tahu banget dengan film ini.

Crows Zero bercerita tentang gangster sekolah yang sering terlibat pertarungan di jalanan. Film ini pun dibintangi oleh banyak nama terkenal, seperti Shun Oguri, Kyosuka Yabe, dan Takayuki Yamada. Semua pertarungan yang dibuat di dalam film menggunakan tangan kosong dan pertarungan sungguhan. Menariknya, film Crows Zero dibuat menjadi dua bagian dan kamu bisa menontonnya tanpa berurutan.

5. Death Note (2006)

Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Death Note

Film yang satu ini juga jadi karya fiksi yang cukup populer. Death Note bercerita tentang seorang mahasiswa  jenius bernama Light Yagami yang mulai merasa dunia pada saat itu sudah terlalu banyak kejahatan dan sudah “Membusuk”, keinginannya untuk meberantas kejahatan itu mulai terwujud dengan tak sengaja menemukan sebuah buku yang jatuh dari langit.

Sebuah catatan dari neraka jatuh ke bumi dan ditemukan olehnya. Pemilik catatan tersebut juga akan berteman dengan dewa kematian sekaligus berbuat perjanjian dengannya.

Hanya dengan menulis nama lengkap seseorang di buku tersebut, orang tersebut akan meninggal dunia secara tragis. Film Death Note pun sempat dibuatkan versi remake-nya. Namun sayangnya, kualitas yang buruk tidak bisa mengalahkan kesuksesan versi orisinalnya.

6. Confessions (2010)

Confessions adalah film thriller drama yang disutradarai oleh Tetsuya Nakashima. Dalam film ini, diceritakan seorang guru yang mencoba membalas dendam kepada orang-orang yang telah membunuh anaknya, yang mana tidak lain pembunuhnya adalah anak-anak muridnya.

Tertarik film dengan akting yang baik dan plot inovatif, Confessions pun mendulang sukses baik di ranah domestik hingga internasional. Apabila kamu ingin menyaksikan film penuh twist, langsung tonton saja film ini. Maka dari itu, patut buat angkat 2 jempol untuk film ini dan masuk menjadi kategori film jepang terbaik sepanjang masa.

7. Rurouni Kenshin (2012)

Film ini diadaptasi dari anime Samurai X yang mungkin sudah kalian tahu. Aksi si protagonis Himura Kenshin yang keren, benar-benar bisa melebihi ekspektasi penonton sehingga film ini dianggap sebagai salah satu yang paling epik.

Rurouni Kenshin sendiri mengisahkan tentang mantan pembunuh bayaran yang mendapat sebutan Battousai (Himura Kenshin). Namun, sekarang ia sudah tak ingin lagi membunuh orang. Kamu wajib nonton salah satu film Jepang terbaik ini.

Bagaimana sobat GameZeRO? mungkin ada beberapa film jepang terbaik sepanjang masa yang sudah pernah ditonton. Tetapi tak ada salahnya untuk ditonton ulang sekaligus dapat menghilangkan kebosanan kalian di masa pandemi ini ya.