Firefox 89 Versi Dekstop Hadir dengan Desain Baru

Pada minggu ini, Mozilla telah resmi merilis versi 89 dari browser Firefox untuk platform Windows, MacOS, dan Linux. Update terbaru ini hadir dengan membawa sejumlah fitur dan antarmuka baru yang secara praktis mengubah aspek terlihat dari peramban tersebut.

Perubahan utama pada browser ini dapat dilihat dari bar tab baru. Firefox 89 tampil dengan desain tab mengambang yang memiliki tampilan lebih fresh dan modern. Mozilla mengungkapkan bahwa mereka telah memisahkan beberapa tab seperti tab untuk memindahkan, mengatur ulang dan menarik keluar tab ke jendela baru yang lebih sesuai dengan penggunaan pengguna, dan mengelola tab sehingga lebih memudahkan pengguna untuk menemukannya.

firefox 89 kini telah hadir dengan tampilan baru yang lebih bersih

Mozilla juga mengubah Chrome UI atau tampilan umum antarmuka pengguna di sekitar jendela browser jadi lebih minimal dan rapi. Versi terbaru Firefox ini juga hadir dengan warna baru pada desain menunya. Desain tersebut seperti browser lainnya yang berbentuk membulat pada setiap sisinya dan memiliki tampilan yang lebih organik dan modern.

update firefox 89 kini telah hadir

Bukan hanya itu saja, jendela notifikasi juga telah mengalami perubahan desain dan sudah dioptimalkan secara khusus untuk mengurangi kemunculan sehingga pengguna tidak akan merasa terganggu, contohnya yakni seperti situs Google Meet. Bahkan, Mozilla juga melakukan perubahan lainnya yang terletak di bagian menu kontrol mikrofon dan kamera. Kedua hal tersebut kini muncul dalam satu halaman yang sama. Dua tombol persetujuan yaitu “Allow” dan “Block” juga dikemas dengan warna yang serupa. Dimana, kedua tombol tersebut sebelumnya menggunakan warna biru tua dan abu-abu.

Selain itu, untuk macOS, Firefox kini mempunyai tampilan native ke menu konteks. Sekarang pengguna akan mendapatkan efek pantulan elastis yang lembut ketika pengguna menjangkau akhir halaman, mirip dengan Safari. Lebih lanjut, pengguna juga dapat mengetuk dua kali dengan dua jari pada trackpad atau satu jari pada Magic Mouse untuk zoom in atau zoom out, sekali lagi, mirip dengan Safari. Semua perubahan ini tampaknya akan membuat pengalaman pemakaian Firefox terasa seperti aplikasi bawaan Mac, bukan hanya port Windows.

Update Firefox 89 kini telah tersedia untuk diunduh di seluruh ketiga platform seperti Windows, Mac, dan juga Linux.

About Tadashi Hamada

Seorang pria asia yang menyukai semua hal yang berbau dengan Game dan Tech, mulai Konsol, PC, dan juga Mobile. Juga sangat senang dengan burger dan kentang goreng terutama kentang goreng McD.