Tirta

Game Tirta Telah Memasuki Tahap Pre-Alpha

Game Konsol News PC

Agate adalah pengembang game Tirta yang berasal dari Indonesia, game ini telah masuk dalam daftar sebagai salah satu game yang akan ada di PlayStation 5 pada bulan Oktober lalu. Game ini ditargetkan rilis di konsol next-gen pada tahun 2022 mendatang. Sejauh ini, Tirta masih dalam pengembangan tahap pre-alpha dan hingga sekarang masih tidak terdapat suatu kendala yang menghambat.

“Proses pembuatan game Tirta saat ini mencapai fase pre-alpha, baru mencapai 20 persen masa pengembangan. Kami juga secara aktif sedang mencari partner untuk dapat membangun game ini bersama-sama,” tutur CMO & CCO Agate, Igor Tanzil.


Tirta akan berlatarkan budaya Indonesia, yaitu budaya Bali. Game ini menampilkan eksplorasi reruntuhan kuno dan kuil di Pulau Bali. Dengan sejumlah teka – teki dan tantangan yang harus ditaklukkan sepanjang perjalanannya. Karena penekanan pada eksplorasi, gameplay pada game ini diperkirakan akan seperti seri Legend of Zelda.

Selain dikembangkan oleh Agate, Tirta akan dibantu oleh Telkom melalui Oollean. Game karya anak bangsa ini diharapkan bisa dipamerkan hingga ke skala international.

“Tantangan dalam pembuatan game ini adalah karena game ini merupakan genre baru yang sedang kami garap. Sehingga dalam proses pengembangannya, kami sangat berhati–hati dalam pembentukan pipeline, desain, dan juga mekanisme gameplay.” jelas VP Consumer Games Agate, Cipto Adiguna.

Tirta adalah proyek terbaru dari Agate, studio Indonesia dibalik game Valthirian Arc: Hero School Story untuk PS4, Steam, dan Nintendo Switch, serta game mobile seperti Code Atma dan Esports King.

Keberhasilan game ini akan menjadi prestasi baru bagi Agate dan industri game Indonesia karena berhasilkan menghasilkan karya di konsol next-gen.