Kemenpora

Good News, Kemenpora Siapkan Rancangan Undang -undang Esports

Esports News

Good News, Kemenpora Siapkan Rancangan Undang – undang Esports, Kementerian pemuda dan olahraga ( Kemenpora ) melalui sekretaris menteri pemuda dan olahraga, Gatot Subroto menerangkan pihaknya akan memasukkan dan mewacanakan Esports menjadi salah satu hal penting di dalam perancangan undang – undang mereka.

Olahraga teknologi atau yang lebih familiar di telinga kita dengan sebutan Esports merupakan ranah baru dalam dunia olahraga, esports sendiri sudah diakui secara internasional dan menjadi bagian penting dari event – event besar seperti Sea Games, ASEAN Games, dan berbagai event internasional lainnya.

Good News, Kemenpora Siapkan Rancangan Undang – undang Esports

Di tanah air sendiri industri Esports bukanlah hal baru bagi sekalian kalangan. Sudah banyak tim – tim yang membentuk divisi atau bagian Esports kedalam bagian manajemen mereka seperti tim sepak bola asal Bali, Bali United yang memutuskan membentuk divisi Esports mereka pada pertengahan tahun 2019 silam.

Bukan hanya dari kalangan tim sepak bola saja yang memutuskan membentuk divisi Esports saat ini sudah banyak juga artist papan atas yang mulai menggandrungi dunia olahraga digital ini. Sebut saja seperti Ariel vokalis dari grup band ” Noah ” yang membuat tim esportnya dengan nama The Pillars yang akan berlaga pada turnamen – turnamen Free Fire.

The Pillars Team

Dengan semakin membaiknya lingkungan Esports ditanah air membuat pihak pemerintah pun berusaha menjembatani dunia olahraga digital ini dengan cara menyediakan payung hukum alias undang – udang yang mana dengan adanya undang – undang ini diharapkan akan menjadi landasan hukum bagi para pelaku Esports.

Gatot menerangkan bahwa status hukum untuk esports Indonesia saat ini masih dibahas bersamaan dengan revisi Undang – undang sistem keolahragaan nasional ( UU SKN ) yang masih akan dibahas hingga beberapa bulan kedepan.

” Semula kami mengeluarkan dalam bentuk peraturan Menpora menjelang SEA Games kemarin, karena SEA Games kemarin juga ada esports ” ujar Gatot Subroto, dirinya juga menambahkan ” Tapi setelah pertimbangan bahwa sebentar lagi undang-undang kami akan dirubah langsung saja nanti naiknya “, terang Gatot seperti saat ditemui oleh pihak Detik.com pada Stadion Gelora Bungkarno ( GBK ), Jakarta, Senin, (10/2/2020).