Harga Kartu Grafis AMD dan Nvidia Turun Drastis Sejak Awal Tahun

Harga Kartu Grafis AMD dan Nvidia Turun Drastis Sejak Awal Tahun

PC

Harga kartu grafis terutama AMD dan Nvidia sempat meroket karena ketersediaan yang langka akibat diborong oleh para miner. Namun kini tampaknya bagi yang menantikan harga VGA turun, terutama kedua VGA yang disebut sebelumnya tampaknya mendapatkan berita bagus. Saat ini harga VGA terus menurun, beriringan dengan makin menurunnya harga BTC. Bahkan penurunan harga ini sudah menembus angka dibawah MSRP. Penurunan yang cukup signifikan sejak awal tahun, dan tentunya memberi nafas segar bagi para gamer dan pengguna PC yang menginginkan VGA dengan harga terjangkau.

Menurut laporan dari Tom’s Hardware,  harga rata-rata VGA AMD dan Nvidia turun sebesar 57% sejak bulan Januari, dan turun 14% dibanding bulan kemarin. Hal ini tampaknya menjadi angin segar bagi para gamer, desainer, ataupun pengguna PC yang membutuhkan kartu grafis dengan spek tinggi namun dengan harga yang lebih manusiawi dibanding sebelumnya.

Turunnya Minat Beli

Namun tampaknya penurunan harga tersebut juga diiringi dengan penurunan daya beli dari masyarakat. Mulai dihilangkannya lockdown pandemi mengharuskan masyarakat harus kembali beraktifitas diluar rumah seperti sebelum pandemi. Para remaja harus kembali ke sekolah, para pekerja harus kembali ke kantor. Hal ini berarti juga semakin sedikit orang yang masih terjebak di rumah dan membutuhkan kartu grafis baru untuk PC mereka.

Bagaimana menurut reader GameZeRO? Apakah saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli kartu grafis baru?