Hindari Kecanduan Game, Jepang Segera Berlakukan Aturan Pembatasan Jam Bermain Game

Feature News

Tampaknya pemerintah Jepang sedang mencari cara untuk menghindari dampak kecanduan video game yang kini tengah dialami oleh anak-anak di Jepang, sebelumnya Tiongkok juga telah memberlakukan aturan untuk melarang anak dibawah umur bermain video game dalam jangka waktu yang lama.

Nah, kabarnya baru-baru ini pemerintah Jepang telah mengesahkan aturan dimana anak-anak berusia 17 tahun ke bawah yang terutama masih berstatus sebagai pelajar hanya diperbolehkan bermain game selama 1 jam per hari (untuk hari biasa) dan waktu selama 90 menit per hari untuk hari minggu.

anak-anak jepang bermain video game via web-japan.org

Bahkan bukan hanya untuk bermain game saja, Mereka juga tidak diperbolehkan menggunakan smartphonenya diatas jam 10 malam. Tentu, hal tersebut membuat anak-anak di Jepang makin disiplin dan tidak kecanduan bermain game.

Namun sayangnya pelaksanan ini diketahui hanya diserahkan kepada orang tua saja. Maka Hal tersebut tentunya menimbulkan pro dan kontra dari anggota parlemen lainnya karena disahkan secara sepihak.

Nah, Beruntungnya penerapan aturan tersebut masih diberlakukan untuk anak-anak di Perfektur Kagawa saja. Dikatakan bahwa aturan ini rencananya akan diberlakukan mulai 1 April 2020 mendatang. Menurut sobat GameZeRO apakah aturan ini perlu diberlakukan di Indonesia juga agar mengurangi kecanduan bermain video game terhadap anak-anak?