Intel Irix Xe Siap Meluncur Tahun Ini!

Intel Iris Xe
Sumber: https://wccftech.com/intel-iris-xe-max-gpu-time-spy-benchmarks-trade-blows-with-an-nvidia-mx450/

Pada bulan Oktober 2020 lalu, Intel baru saja meluncurkan GPU Diskrit pertama mereka yang diberi nama Iris Xe Max. Dan baru-baru ini Intel kembali lagi merilis GPU Diskrit terbaru bernama Intel Irix Xe.

Intel Iris Xe
Siap Saingin Nvidia dan AMD

GPU terbaru mereka kali ini dikhususkan untuk computer desktop, bukan seperti GPU pertama mereka yang hanya ditujukan untuk laptop saja.

Untuk menciptakan performa sekelas discrete grapich, GPU Iris Xe sendiri memiliki VRAM sebesar 4 GB dan dibekali dengan execution units (EU’s) sebanyak 80 unit. Intel juga mengatakan, bahwa performanya kali ini jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Intel Iris Xe
Hasil 3D Mark

Hasil Benchmark Intel Iris Xe
Hasil Encoding Cukup Lumayan

Perlu diketahui, angka EUs ini sendiri terbilang cukup rendah dibanding dengan Intel Iris Xe Max. Meski begitu, performanya diklaim bakal tetap setara berkat lingkungan desktop yang tingkat dayanya lebih besar.

Untuk segi konektivitasnya sendiri, Intel Iris Xe telah dibekali dengan tiga port display yang masing-masing memiliki ouput dengan resolusi sebesar 4K. Dan ketiga port ini bisa digunakan secara bersamaan untuk menampilkan resolusi yang dimaksudkan.

Kemudian,terdapat pula dukungan dari video decode dan encode bersasis hardware acceleration (AV1, HEVC, AVC, VP9, dan lain-lain), adaptive Sync, Display HDR, serta dukungan DP4a guna mendombrak berbagai kinerja kercerdasan buatan (AI).

Baca juga: Sony Alpha 1 Resmi Meluncur dengan Sensor 50MP! 

Sebagaimana yang telah dilansir dari situs Pocketnow, GPU eksternal ini nantinya ditunjukkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

GPU eksternal ini juga disinyalir kuat hanyak untuk dijual sebagai komponen yang sudah terpasang di CPU (onboard), dan tidak dijual secara terpisah kepada konsumen.:

Baca juga: Mi Air Charge Technology Resmi Diperkenalkan! 

Untuk ketersediaannya sendri, Intel telah bekerja sama dengan dua vendor perancang GPU terkenal, salah satunya yaitu Asus guna menjadikan Iris Xe ini sebagai komponen add-in card (AIC) dalam komputer desktop.

Colorful sendiri disebut-sebut telah menjadi vendor lainnya yang akan menghiasi AIC Iris Xe, hanya saja rumor ini belum bisa dipastikan sebab Intel sendiri belum mengkonfirmasi lebih lanjut.

Untuk saat ini belum disebutkan pula kapan desktop dengan GPU terbaru ini meluncur ke pasar teknologi, agar bisa bersaing dengan dua vendor ternama lainnya seperti Nvida dan AMD yang sudah merajai vendor grafis sebelumnya.

Bagaimana Gamerz, menarik bukan penjelasan tentang GPU terbaru besutan Intel ini? Jangan lupa untuk ikuti terus Gamezero.id agar tak ketinggalan informasi menarik seputar dunia games, gadget, anime, movie, manga, teknologi, dan lain-lainnya.