Mediatek-Dimensity-900

Mediatek Dimensity 900, Chipset 5G untuk Ponsel Menengah yang Enak Buat Gaming

Feature Gadget News Reviews

Mediatek resmi memperkenalkan salah satu produk teranyar mereka pada tahun 2021. Produk terbarunya ini diketahui merupakan sebuah chip yang sudah mendukung layanan 5G. Chipset teranyar dari perusahaan Mediatek ini kemudian dikenal dengan nama Dimensity 900.

Mediatek yang merupakan sebuah perusahaan semikonduktor secara resmi sudah memperkenalkan Chipset 5G teranyar dari keluarga Dimensity. Chipset ini kemudian dinamai dengan Dimensity 900. Mengangkat desain perangkat System-on-chip, chipset ini diharapkan akan menjadi solusi bagi ponsel kelas menengah.

Berbicara mengenai teknologi yang digunakan, chipset Mediatek Dimensity 900 sudah menggunakan teknologi fabrikasi 6nm. Hal ini serupa dengan fabrikasi dari chipset kelas flagship yakni Dimensity 1200. Jadi apabila ditinjau dari segi penggunaan teknologi chipset ini masih cukup oke.

Keunggulan Chipset MediaTek Dimensity 900

Chipset Dimensity 900 sudah dibekali dengan processor ( CPU ) octa-core ( delapan inti ) yang masing – masing nya terdiri dari Cortex-A78 dan Cortex-A55. Kedua cpu ini memiliki kecepatan yang berbeda – beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Seperti Cortex-A78 bisa memiliki kecepatan hingga 2,4 GHz sementara itu cortex-A55 hanya berkecepatan 2GHz saja. Selain itu Cortext-A78 memiliki total dua inti sedangkan Cortex-A55 terdiri dari 6 inti dari total delapan inti processor dari chipset Dimensity 900.

CPU yang digunakan pada chipset Mediatek Dimensity 900 juga dilengkapi dengan komponen pengolah grafis ( GPU ) Mali-G68 MC4. GPU ini sendiri diklaim mampu menghadirkan pengalaman bermain game yang optimal. Selain itu pada chipset ini juga dilengkapi dengan modem 5G yang katanya memiliki kecepatan download up hingga 2,77 Gbps.

Selain dua fitur yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa fitur lainnya dalam chipset ini. Fitur lainnya meliputi dukungan 5G dual-SIM, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, single camera, serta perekaman video 4K HDR. Bila kita tinjau dari segi kualitas kamera Mediatek Dimensity 900 membawa kamera dengan kualitas yang cukup oke.

Single kamera yang ditawarkan pada chipset ini memiliki resolusi 108 MP, sementara itu untuk dual cameranya dilengkapi dengan kualitas kamera 20MP. Perekaman video sendiri sudah mendukung kualitas 4K HDR dan 4K 30FPS. Kinerja dari Fotografi dan videografi juga turut dibekali dengan bantua AI camera dan komponen ISP.

Hingga berita ini diturunkan di media GameZero, masih belum ada kabar lebih lanjut dari pihak MediaTek terkait ponsel mana yang pertama kali mencoba chipset Dimensity 900 ini. Satu hal yang jelas, bahwa pangsa pasar dari chipset ini berpaku pada ponsel kelas menengah.