Mengapa Genre Anime Isekai Banyak Diminati?

Anime Isekai

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang isekai, alangkah lebih baik kita mengenal terlebih dahulu arti dari Isekai itu sendiri, apa sih genre Isekai? Isekai adalah subgenre dari game, anime, manga, dan novel ringan. Tetapi jika diterjemahkan langsung dari bahasa Jepang, isekai berarti “dunia yang berbeda”. Dalam konteks ini bukan berarti dunia yang dipenuhi dengan unsur supernatural, melainkan dunia fantasi yang jauh berbeda dengan dunia yang kita tinggali saat ini. Dalam sebagian besar karakter utama dari serial isekai hanyalah “orang biasa” di dunia mereka, tetapi kemudian mereka dipindahkan ke alam semesta yang berbeda, terlahir kembali (bereinkarnasi), atau secara tidak sengaja terjebak dalam alam semesta paralel, kemudian karakter tersebut dianugerahi dengan kekuatan tak terduga. Awalnya, isekai dikategorikan dalam genre fantasi, namun seiring berjalannya waktu, isekai telah menjadi genre tersendiri sejak tahun 2017 dengan banyaknya novel ringan dan manga berlatar belakang isekai.

Ada Banyak Sekali Anime dan Manga dengan Genre Isekai, Berikut Ini Adalah Beberapa Contoh yang Cukup Terkenal di Kalangan Penggemar Anime di Indonesia

Anime: Maō Gakuin no Futekigōsha

Anime : Sword Art Online, Log Horizon, No Game No Life, Tate no Yuusha no Nariagari, Overlord, Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!, Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu, Tensei Shitara Slime Datta Ken, dll.

Manga : Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku, Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu, The New Gate, dll.

Lalu Apa yang Membuat Genre Ini Laris Manis, Terlebih di Kalangan Anak Muda?

Ada beberapa alasan yang mempengaruhi populernya genre ini diantaranya adalah karena sebagian besar serial isekai memiliki alur cerita yang unik, mudah diikuti, dan cukup menarik karena mereka mengikuti perjalanan karakter utama di alam semesta yang sama sekali berbeda dan memulai hidup baru mereka di tempat yang aneh, dan dianugerahi kekuatan unik. Kekuatan unik dalam konteks ini dapat berbeda-beda tergantung bagaimana sang “author” mengolah cerita isekai mereka, contohnya seperti kekuatan intelektual di atas rata-rata hingga kekuatan spiritual seperti kekuatan untuk menghidupkan kembali mayat bahkan sampai kekuatan yang memungkinkan karakter utama tidak dapat mati, kehidupan mereka di alam semesta isekai akan terus berjalan sampai mereka mampu menemukan penyebab mereka berada di dunia isekai.

Aspek lain mengapa orang-orang menyukai anime atau manga isekai adalah karena mereka biasanya memiliki momen komedi di dalamnya yang membuat kita tertawa atas hal-hal konyol yang dilakukan oleh karakter utama dalam serial tersebut. serta kehadiran karakter wanita yang anggun, cantik, dan menggemaskan yang dapat dengan mudah menjadi point penjualan dalam genre isekai.

Disusul oleh Lonjakan permintaan anime yang sangat besar dari dalam maupun luar negeri memaksa studio anime untuk terus memproduksinya setiap season apapun kondisinya. Tak heran, sering kita melihat anime “asal jadi” mendominasi pasar.
Hal ini diperparah dengan menurunnya biaya produksi anime dari tahun ke tahun. Tidak sedikit kasus staf produksi yang tidak digaji sampai 3 bulan bahkan hingga sampai satu tahun. Studio anime lebih memilih bermain aman dengan memproduksi anime yang mudah diproduksi dengan budget terbatas, tetapi tetap bisa menjaring banyak penonton. Genre isekai lah yang paling cocok dengan itu.

Ruangan dari seorang NEET

Terakhir yang cukup ironis adalah sebagai bentuk dari pelarian hidup, Umumnya kita lihat karakter utama merupakan seorang hikkikomori pengangguran atau NEET yang terserang depresi berat. Perasaan itu muncul karena ketidakmampuan dirinya di dunia ini. Tuntutan berat dari budaya masyarakatnya yang super teratur dapat membuat mereka yang tidak mampu beradaptasi. Kemudian, secara tiba tiba, ia terlempar menuju dunia lain, dunia yang selama ini mereka impikan. Mereka yang awalnya seorang NEET tampil dengan bangga di dunia baru ini dengan kekuatan yang diberikan “dewa” untuk menjadi penguasa. Mereka dapat bebuat sesukanya, bebas dari segala hal yang mengekangnya. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian orang yang mengalami posisi yang sama seperti yang dialami karakter utama.

Nah, bagaimana menurut kalian sobat GameZeRO, apakah kalian salah satu penggemar dari genre yang satu ini? Jika iya, semoga saja genre ini tidak kalian jadikan sebagai pelarian hidup. Dunia fantasi itu memang indah kawan, namun semen ini tidak bisa mengaduk dirinya sendiri. Sekarang ambil cangkulmu dan mulailah mengaduk bersamaku.