5-alasan-lol-wild-rift-kalah-sama-mobile-legends

Mengungkap 5 Alasan LOL: Wild Rift Masih Kalah Dari Mobile Legends di Pasar Game Moba Mobile Asia Tenggara

Esports Events Game Mobile News

League of Legends: Wild Rift menjadi salah satu game moba mobile yang cukup ramai diperbincangkan saat ini. Pasalnya game ini dianggap akan mampu meruntuhkan kesuksesan dari game moba besutan Moonton di pasar Asia Tenggara. Namun sudah beberapa bulan sejak game ini dirilis belum ada tanda – tanda para pemain berpindah haluan ke LOL: Wild Rift. Oleh karenanya kira – kira apa alasan LOL: Wild Rift kalah dari Mobile Legends ?.

Seperti yang kita ketahui bersama sampai saat ini kebanyakan para pemain game moba mobile masih menjatuhkan pilihannya terhadap Mobile Legends. Sempat ramai pada awal perilisan, kini game LOL: Wild Rift kembali mengalami nasib yang serupa dengan AOV. Dimana kedua game ini belum mampu merebut pasar milik Mobile Legends: Bang – Bang di kawasan Asia Tenggara.

Kira – kira hal apa alasan LOL: Wild Rift Masih Kalah dari Mobile Legends ?. Kami akan membantu menjabarkan beberapa kemungkinan dari gagal bersinarnya game ini baik di Indonesia maupun di negara kawasan Asia Tenggara Lainnya.

Waktu Perilisan yang Terlanjur Lama

lol-wild-rift-beta-test
LOL: Wild Rift Close Beta Test

Sempat membuka fase dimana para pemain bisa memainkan game ini lebih awal dengan fitur Early Acces. Membuat game ini begitu dinantikan untuk segera dirilis di playstore maupun appstore. Namun pihak pengembang mengambil waktu yang terlalu lama sehingga membuat para pemain sudah kehilangan rasa penasaran dari game ini.

Dengan alasan inilah mungkin game ini masih belum mampu bersaing dengan MLBB. Walaupun harus kita akui pihak Moonton melakukan beragam upaya dalam mempertahankan para pemainnya. Kita ambil contoh ketika Moonton mengadakan event 1 diamonds skin pada hari perilisan LOL: Wild Rift. Dengan hadirnya beragam event yang cukup menggiurkan ini membuat para pemain berpikir dua kali untuk berpindah ke ranah LOL: Wild Rift.

Kurangnya Dukungan Content Creator

jess-no-limit-brand-ambasador-lol-wr
Jess No Limit Jadi Brand Ambasador LOL: Wild Rift

Riot Games mengambil satu langkah berani dalam mempromosikan gamenya ke tengah – tengah komunitas game moba mobile di Asia Tenggara. Pasalnya mereka sampai menggunakan Jess No Limit sebagai brand ambasador. Seperti yang kita ketahui bersama Youtuber yang pernah ber jersey Evos Esports ini adalah pemain kawakan dari MLBB.

Langkah promosi ini membuat orang – orang sedikit terkejut, apakah Jess No Limit beralih ke LOL: Wild Rift ?. Namun semua hal ini dapat dilihat dari postingan sang Youtuber ini yang masih konsisten dengan konten Mobile Legends. Tidak hanya Jess No Limit beberapa Youtuber gaming lain seperti Bkent, Oura Gaming, Jonathan Liandi belum memperlihatkan tanda – tanda berubah haluan.

GamePlay yang Terlalu Rumit

lol-wr-gameplay
GamePlay LOL: Wild Right dianggap Terlalu Sulit

Sudah bukan rahasia umum lagi, dimana umumnya para pemain senang memainkan game moba yang memiliki gameplay yang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini tidak berlaku di LOL: Wild Rift, walaupun sudah dibuat ulang untuk perangkat mobile gameplay dari game ini masih jauh dari kata mudah dipahami.

Jika pada Mobile Legends para pemain hanya di instruksikan untuk perang, perang, dan perang, maka pada LOL: Wild Rift anda harus menyusun sekian strategi untuk berperang. Poin inilah yang sangat membedakan game besutan Moonton ini dengan LOL: Wild Rift. Para pemain enggan untuk berpikir terlalu keras dalam sebuah game, mereka hanya mengincar kesenangan dalam bermain.

Belum di Lirik Team Esports

rrq-hoshi
LOL : Wild Rift Belum Mennarik Minat Team Esports

Siapa yang tidak kenal dengan Mobile Legends Professional League ( MPL ). Ajang tertinggi dari scene professional Mobile Legends ini sukses menjadi pemicu dari kepopuleran yang diperoleh oleh game ini. Dengan adanya beragam kommpetisi bergengsi baik di tanah air maupun di negara asia tenggara lainnya membuat para pemain tetap setia dengan MLBB.

Berbeda halnya dengan Mobile Legends yang mempunya MPL, LOL: Wild Rift sampai saat ini belum ada turnamen yang benar – benar hype hingga di lirik oleh tim – tim Esports di Asia Tenggara. Flash back sedikit, pada awal kemunculannya di Asia Tenggara Mobil Legends berhasil menarik perhatian masyarakat melalui turnamen MSC nya. Mungkin LOL: Wild Rift harus mencontoh hal yang satu ini.

Masih Terlalu Awal untuk di sandingkan dengan Mobile Legends: Bang Bang

lol-wild-rift
Masih Terlalu Awal Bagi LOL: Wild Rift untuk di bandingkan dengan Mobile Legends.

Tidak bisa kita pungkiri LOL: Wild Rift masih seumur jagung dalam meniti kesuksesan di game moba mobile. Melihat kebelakang sebelum Mobile Legends begitu sukses, mereka harus kalah bersaing dengan game – game seperti Clash Royale, Clash of Clans maupun beberapa game yang trendi saat itu.

Mobile Legends saja butuh beberapa tahun untuk bisa mencapai kesuksesan sampai titik sekarang, LOL: Wild Rift juga harus bisa menerika beragam kritikan dan masukan guna menjadi lebih baik kedepannya. Mungkin untuk 5 tahun kedepan LOL: Wild Rift bisa menggeser Mobile Legends ?, siapa yang tahu.

Jadi itu saja sedikit analisa dari kami GameZero terkait mengapa LOL: Wild Rift masih belum mampu mengalahkan Mobile Legends: Bang Bang. Namun kembali lagi ini hanya opini pribadi kami, kalau semisalnya anda tidak sepemikiran itu bukanlah hal yang bermasalah. Karena setiap orang memiliki penilaiannya masing – masing.