Industri Esports

Menjajal Esportstainment, Hiburan Terkini dari Industri Esports

Esports Events News

Sebagai rangkaian dari UniPin 11th Birthday #11YearsWithU, UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar dengan tajuk “Masa Depan Industri Esports: Esportstainment”. Webinar UNITY yang dilakukan secara daring melalui telekonferensi Zoom pada Rabu (29/6) ini membahas masa depan di industri esports, dengan digabungkan bersama entertainment menjadi esportstainment.

UNITY mengundang dua orang narasumber untuk membagikan pengalaman mereka dalam berkarier, khususnya kaitannya dengan industri esports. Berbagai permasalahan seperti tantangan-tantangan harus dihadapi, dan jalan keluar yang mereka temukan hingga akhirnya sukses berkarier di bidang esportstainment juga dibahas secara lengkap dalam webinar ini.

Industri Esports

Yang pertama ada Irliansyah Wijanarko, Co-founder dan CGO RevivaLTV dalam paparannya menjelaskan tentang pergeseran esports yang semula hanya dilakukan untuk tujuan kompetisi kini juga dilakukan untuk tujuan hiburan atau entertainment.

“Esports sekarang bergeser ke arah entertainment itu karena saat ini ada YouTube dan digital platform lainnya, menjadikan esports tak terpisahkan dari dunia lifestyle dan entertainment. Secara natural,esports kemudian berubah menjadi menjadi esportstainment.”

Industri Esports

Kemudian Ericko Lim, seorang YouTuber yang juga mantan pro player dan caster di ranah esports kompetitif menjelaskan bahwa esportstainment adalah sebuah jalan keluar bagi para pemain profesional yang tidak terlalu berhasil.

“Enggak semua pro player bisa jadi nomor satu, membuatnya berhasil dan menjadi kaya. Esportstainment adalah escape route untuk mereka gain more money.”

Namun, apakah kemudian esportstainment ini membuat semangat kompetisi di ranah esports melesu? Irlie menjelaskan bahwa esportstainment hadir dari esports itu sendiri, tapi bisa saja pasarnya ikut bergeser dan menyesuaikan dengan tren yang ada.

Industri Esports

“Nyawanya esports adalah kompetisi. Namun, segala ekosistem di sekitar esports tersebut makin lamamakin berkembang dan bakalan lebih banyak pasarnya ketimbang kompetisinya itu sendiri.”

Meski tampak menggiurkan, menjajaki esportstainment bukanlah hal yang mudah. Ericko menyebutkan, mengetahui karakteristik dan keunikan diri bisa menjadi kunci keberhasilan di esportstainment.

“You need to know your strong point, kamu harus riset, misalnya kamu harus tau apakah kamu lucu, suka marah-marah, atau bagaimana. Jadi harus tau karakteristik dirimu. Selain itu, dukungan komunitas juga penting banget. Kebanyakan YouTuber sekarang enggak bisa maintain komunitas mereka sehingga akhirnya influence mereka malah jadi tidak lagi sebesar itu. Jadi selain fokus pada diri sendiri, kita juga perlu memberi timbal balik pada komunitas, pada para penonton dan fans.” tutupnya.

Webinar yang menjadi bagian dari rangkaian perayaan UniPin 11th Birthday #11YearsWithU ini bisa terselenggara berkat dukungan 11 brand partner yaitu OSIM, Samsung, Sades, Sandisk, M231, Ropang OTW, Hotdog Boy, Moon Chicken, Advan, Immersive, Tech (IT) dan ZAP.