Meski Berlaku Pajak 10%, Harga Game Steam Tetap Sama

News

Beberapa waktu yang lalu gamer di Indonesia sempat dibuat panik dengan adanya kebijakan baru dimana setiap pembelian item online, yang dalam hal ini termasuk game digital akan dikenakan pajak sebesar 10%. Kebijakan tersebut akan mulai efektif tanggal 1 Juli 2020 atau hari ini.

Dikhawatirkan bahwa kebijakan baru tersebut akan membebani para gamer yang gemar membeli game digital terutama jika sampai pajak 10% tersebut diluar pajak ekstra yang harus dikeluarkan oleh pemain misalnya saat membeli Steam wallet.

Namun sepertinya kekhawatiran tersebut tidak berlu berlanjut karena ternyata kebijakan baru tersebut tidak mempengaruhi harga game ataupun item in-game di Steam Store. Memasuki Steam Summer Sale, para gamer berbondong-bondong membeli game favorit mereka segai ada diskon besar-besaran. Dan ternyata, harga game setelah dan sebelum kebijakan pajak 10% dari pemerintah Indonesia ini berlaku tetap sama. Artinya, harga baru yang terpasang di Steam Store sudah termasuk pajak 10% untuk pemerintah. Jadi harga yang terpampang di Steam Store semurah dan semahal apapun sudah termasuk pajak yang dibebankan kepada gamer.

Untuk saat ini tidak ada indikasi bahwa kebijakan baru mengenai pajak ini akan membebani pemain. Namun ini hanya untuk Steam. Belum ada informasi lanjutan apakah kebijakan serupa juga berlaku di marketplace lain.

Nah bagi kalian yang sedangĀ  memburu diskon besar-besaran selama Steam Summer Sale, tidak pelru khawatir lagi dengan beban pajak. By the way, sudah berapa rupiah yang kalian habiskan selama Steam Summer Sale?