Metacritic Ubah Sistem Review Pasca Kasus The Last of Us Part II

News

Metacritic merupakan salahsatu website rekomendasi para gamer untuk melihat dan membaca review sebuah game dari para kritikus game. Namun, seperti layaknya situs review yang datanya didapatkan dari inputan user, sistem seperti ini sering disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat akun baru dan membuat review palsu untuk merusak rating. Salahsatu korbannya adalah The Last of Us Part II yang bahkan ratingnya langsung hancur hanya sehari setelah perilisan, disebabkan banyak gamer yang merasa geram dan akhirnya tidak memberikan review secara objektif.

Dan sepertinya Metacritic belajar dari kasus tersebut. Untuk menghindari review bombing di masa mendatang, mereka menerapkan sistem baru untuk User Score.

Sistem baru ini sudah diterapkan di Ghost of Tsushima. Para user baru bisa memberikan reviewnya setelah 36 jam sejak gamenya dirilis. Tujuannya adalah untuk mengingatkan gamer agar memainkan gamenya terlebih dahulu sebelum memberikan ulasan di situs tersebut, dan agar memberikan ulasan secara fair.

Meskipun sepertinya sistem seperti ini masih rawan untuk dimanipulasi, namun saya pikir sistem baru ini juga ampuh untuk meredam adanya review bombing dimasa mendatang. Bagaimana menurut kalian?