PlayStation 5

PlayStation 5 Seharga 8 Juta Kini Mengalami Gangguan

Konsol News

Konsol Gaming paling baru sony, yaitu PlayStation 5 dikabarkan kali ini terkena sebuah bug. Hal ini membuat seluruh pengguna mengalami kesulitan dalam mendownload aplikasi game konsol dengan mudah.Pada konsol ini, seperti Glitch download ini terdapat tulisan yang berarti “antrian untuk melakukan unduhan” yakni terdapat status error saat pengguna akan berusaha untuk mengunduh aplikasi, atau game yang ada dalam PlayStation 5.

Dan satu-satunya jalan keluar yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah ini, adalah dengan factory reset atau dengan kata lain, mengatur ulang konsol PlayStation 5 ke pengaturan awal, pengaturan pabrik. Di lansir dari sumber Gizmochina, glitch berupa yang hal-hal di alami oleh pengguna PlayStation 5.

Kejadian seperti ini sudah banyak dialami oleh orang kebanyakan, banyak pengguna yang melaporkan masalah error seperti ini saat akan mengunduh game dalam konsol PlayStation 5 yang baru saja hendak dipakai saat berusaha mengunduh game ini untuk pertama kalinya.

Sayangnya, akibat kesulitan dalam pengunduhan game ini, performa game Konsol PlayStation5 juga menjadi macet serta terganggu.

Mengingat dalam peluncuran perdana PlayStation5, saat itu PS5 Reguler dibandrol harga yang cukup tinggi senilai US$ 499,99 per-unit, atau asumsi harga senilai Rp. 7 Juta indonesia. Serta PS5 Digital Edition, dibandrol dengan harga US$ 399,9 atau asumsi harga senilai Rp. 5,6 Juta. Justru dikabarkan bahwa ternyata unit PS5 sudah terjual habis justru sebelum hari diluncurkan.

Tetapi di China sendiri, walaupun Sony belum mengumumkan kapan tanggal rilis resmi dari produk milik Sony ini, justru maraknya sejumlah reseller yang sudah mematok harga PlayStation 5 ini mencapai harga US$ 1.500 per unit atau asumsi setara senilai Rp. 27,3 Juta. Bahkan di kabarkan, melalui penjualan online dari situs JD.com sudah resmi membuka Pre-order PlayStation 5 ini mulai dari harga Rp. 21 Juta sampai Rp. 27,3 Juta per unit. Padahal harga pasaran dunia yang dimiliki PlayStation5 Reguler hanya berkisar harga Rp. 7 Juta hingga Rp 5,6 Juta saja. Hal ini menandakan bahwa harga PlayStation5 melalui reseller, mencapai kenaikan tinggi hingga tiga kali dari harga seharusnya.

Dengan harga tinggi yang pembeli alami saat menggunakan PlayStation 5, untuk mengatasi keluhan dari customer PlayStation5 ini, Sony menyampaikan bahwa pihaknya belum dapat berkomentar apapun mengenai gangguan Bug ini, namum Publisher dari Call Of Duty, menyarankan agar pengguna melakukan reset pabrik atau factory reset, jika mengalami kegagalan saat mengunduh aplikasi serta game. Pihaknya juga menyarakan untuk melakukan pemeriksaan pada library  dari PlayStation5 untuk melihat, bahwa pengguna sudah memiliki aplikasi serta game, namun terlihat dari PlayStation5 Store menyebut bahwa pengguna belum melakukan pembelian aplikasi atau game tersebut dalam konsol PS5.

Sampai saat ini, dilihat mengenai laporan yang masuk, dari glitch download. Gangguan ini hanya berdampak pada game dan aplikasi yang spesifik pada konsol PlayStation 5. Daftar game yang terdampak mengalami gangguan gagal download, diantaranya adalah, Godfall, Call Of Duty : Black Ops Cold War, Spiderman, Demon’s Souls, serta Aplikasi streaming Disney Plus.