Nomor Ponsel Genshin Impact

Protes Keras dari Pemain Genshin Impact, miHoYo Bungkam Mengenai Bocornya Nomor Ponsel Pemain

Game Mobile News

Permainan Genshin Impact, yang terkenal dan di kembangkan oleh miHoYo, adalah sebuah game dengan mode permainan Free to play Action RPG, dalam dunia terbuka. Genshin Impact juga dikenal karena merupakan IP kedua yang di rilis oleh pihak pengembang miHoYo setelah permainan Honkai Impact 3 yang sempat terkenal juga menjadi permainan yang banyak dimainkan saat pertama rilis pada android 28 September 2020. Namun, sayangnya dikabarkan bahwa pihak pengembang game Genshin Impact, sempat dilaporkan lantaran telah membocorkan data pribadi milik gamer, yaitu nomor ponsel yang tentunya akses nomor didapat karena akun game tersebut terhubung dengan nomor ponsel milik gamer.

Menurut data laporan, yang dilakukan oleh Vice, bahwa pihaknya telah melaporkan kejadian yang sangat disayangkan ini, terkait data miliknya yang bocor selama kurun waktu beberapa minggu. Dilansir dari narasumber Vice, melalui Eurogamer. Bahwa nomor ponsel pemain game Genshin, dapat dicari dengan mudah menggunakan nama mereka, yang tercantum pada situs web resmi milik Genshin dengan melalui sistem pemulihan password. Berikut kutipan pernyataan skydtlee, selaku pengguna Reddit mnegatakan kepada Vice, yang pertama kali melaporkan, mengenai kebocoran nomor ponsel  sejak Oktober 2020, saat di wawancari oleh Motherboard, skydtlee mengatakan:

“Waktu aku sedang mencoba beberapa username secara acak melalui website resmi genshin, dan akhirnya aku dapat melihat nomor ponsel milik pemain lain. Jika aku mencoba  untuk masuk ke dalam situs web akun miHoYo, kemudian pilih lupa password, kemudian siapa saja yang memasukkan username pengguna, setelah nya akan muncul email yang sebagian disensor. Sayangnya, jika pengguna menautkan juga nomor ponsel pada akun tersebut, yang ternyata nomor ponsel tidak akan disensor sama sekali” imbuh Reddit.

 

Meski sudah banyak dilaporkan, ternyata kasus ini nyatanya belum juga terselesaikan, TiltOnPlay, menyatakan bahwa pemain Genshin Impact yang lain, masih dapat mengakses nomor ponsel yang terseebar dalam beberapa forum, yang bersumber dari situs resmi milik miHoYo.

Sangat disayangkan, sampai saat ini pihak miHoYo memilih untuk bungkam terkait pelanggaran privasi milik para pemainnya, dan sampai saat ini masih belum ada kejelasan mengenai tanggung jawab dengan data pemain yang terdampak, tersebar nomor ponselnya. Namun, sepertinya masalah ini telah di selesaikan oleh pihak pengembang, MiHoYo tidak secara terang-terangan.

Namun, jika kasus ini tidak segera ditangani dengan baik oleh pihak miHoYo, dan nomor pemain tidak tersensor dengan baik. Hal ini akan sangat mengancam para pemain streamer profesional, hal ini terkait nomor ponsel yang di gunakan pemain untuk login kedalam game, dengan kejadian itu akan memberi peluang bagi siapapun untuk dapat mengakses informasi tersebut, dan beresiko di salah gunakan, nantinya.