PUBG Mobile dan Free Fire merupakan judul game yang sangat populer di dunia esports. Kedua game tersebut sama-sama ber-genre battle royale, dan juga sangat dikenal berkat permainannya yang intensif dan menarik. Free Fire dikembangkan dan diluncurkan dengan persyaratan spesifikasi yang rendah, namun itu tidak terjadi pada PUBG Mobile. Game ini awalnya didukung pada perangkat kelas bawah, tetapi akhirnya dengan pengembangan gameplay-nya, spesifikasi yang diperlukan untuk bermain juga menjadi lebih tinggi. Nah, sekarang ini mari kita bandingkan antara PUBG Mobile VS Free Fire dalam segi spesifikasi.

Spesifikasi Minimum PUBG Mobile

Untuk Android

  • Versi Android: 5.1.1 atau lebih tinggi
  • Ram: 2 GB
  • Storage: 4 GB
  • Prosesor: Prosesor yang setara dengan Snapdragon 425

Untuk iOS

  • iPhone 5S, iPad 2, atau perangkat yang lebih baru yang menjalankan iOS 9 atau lebih baru

Spesifikasi Minimum Free Fire

Untuk Android

  • Versi Android: 4.0.3 atau lebih tinggi
  • Ram: 1 GB
  • Storage: 2 GB
  • Prosesor: Prosesor yang setara dengan Snapdragon 425

Untuk iOS

  • Versi iOS minimal 8.0 atau lebih tinggi

Nah, Sekarang mari kita bandingkan PUBG Mobile VS Free Fire melalui fitur dasar yang akan menentukan game manakah yang lebih baik untuk ponsel dengan RAM 1GB.

PUBG Mobile VS Free Fire untuk Ponsel RAM 1 GB

Gameplay
Sumber : youtube.com

Free Fire terdiri dari 50 pemain, sedangkan PUBG Mobile terdiri dari 100 pemain. Ini dapat dilihat bahwa pengalaman bermain atau gaya permainannya akan sangat berbeda, karena Free Fire menawarkan pertandingan instan dan intens yang hanya berlangsung sekitar 10-15 menit.

Sama seperti Free Fire, hanya saja PUBG membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan game. Selain itu, untuk map sendiri ia lebih luas dibandingkan Free Fire, Inilah yang membuat keterlibatan dalam kekuatan pemrosesan rendering, sehingga menurunkan kinerja dan kualitas game dalam perangkat, yang tidak terjadi di Free Fire.

Grafik
Sumber : okezone.com

Tidak diragukan lagi, PUBG Mobile memiliki grafis yang lebih baik dari pada Free Fire. PUBG Mobile dikenal dengan grafik realistis, kontras tinggi, dan pencahayaan yang lebih cerah, hal ini tentunya menambah pengalaman bermain menjadi semakin lebih baik.

Free Fire cendorong sangatlah begitu jauh dengan PUBG Mobile. Jika dibandingkan, grafis Free Fire bagaikan langit dan bumi. PUBG Mobile secara khusus mengembangkan setiap detail pada peta dengan skema warna yang dipertajam dan kontras, membuat permainan lebih menenangkan secara visual bagi para pemain.

Kesimpulan

PUBG Mobile jelas bukan permainan untuk smartphone dengan RAM 1GB, karena persyaratan sistem minimumnya adalah 2GB. Oleh karena itu, jelas tidak mungkin smartphone dengan RAM 1GB memainkannya.

Dalam hal ini, Free Fire adalah opsi yang jauh lebih cocok daripada PUBG Mobile, karena Free Fire dirancang untuk perangkat kelas bawah dan dapat berjalan pada smartphone dengan RAM 1GB.