[REVIEW] Fate/EXTELLA LINK Tersedia di Android

fate extella link banner

Kalian pastinya pernah dengar tentang Type-Moon, apalagi jika kalian menyukai anime. Type-Moon adalah perusahaan game Jepang yang terkenal dengan visual novelnya. Yang didirikan oleh penulis Kinoko Nasu dan ilustrator Takashi Takeuchi. Salah satu game yang populer, yaitu Fate/stay night dan Fate series lainnya seperti Fate/EXTELLA LINK.

Telah kita ketahui bahwa selain Anime dan Visual Novel, Fate juga memiliki begitu banyak adaptasi dari game dengan genre yang beragam. seperti Fate/EXTELLA LINK yang digarap oleh Marveolus dan dirilis oleh XSEED Games pada tanggal 19 Maret 2019 di Platform PS4, Switch, PC. Dan kini sudah tersedia untuk platform mobile.

Kali ini GameZeRO akan membahas tentang Fate/EXTELLA LINK yang sudah tersedia di Android.

Pembahasan

Story

Fate/EXTELLA LINK terjadi setelah peristiwa Fate/EXTELLA. Ancaman baru telah dimulai dalam dunia SE.RA.PH. kalian berperan sebagai master Hakuno Kishinami, ketika Hakuno Kishinami dan Young Altera mendapat Serangan saat berjalan-jalan, mereka diselamatkan oleh Servant kelas Saber yang mengidentifikasi dirinya sebagai Charlemagne. Pendatang baru ini bergabung dengan Hakuno dan Pelayannya Nero Claudius dan Tamamo no Mae, bekerja sama untuk mendapatkan sekutu baru untuk menggagalkan rencana penaklukan yang di lakukan Karl “Kaisar Agung”.

Character

fate/extella link character

Terdapat 27 Servant di game ini, jumlah ini tidaklah sedikit karena setiap servant mempunyai jalan ceritanya masing-masing, seperti yang telah kita ketahui servant terbagi ke dalam class seperti Saber, Lancer, Archer, Rider, Caster, Assassin, Berserker dan sebagainya. Masing-masing servant mempunyai playstyle dan karakteristik berbeda.

Gameplay

Fate/EXTELLA LINK mempertahankan mekanisme yang sama seperti pendahulunya, bergenre Hack and Slash dan gameplay yang menarik dengan kombo-kombo yang cukup mudah serta efek visual yang memanjakan mata.

Terdapat beberapa gerakan seperti basic attack dan heavy attack, dan juga Active Skill, Moon drive dan Noble Phantasm yang bisa kalian kombinasikan.

fate extella link gameplay

Dalam battle juga ada satu fitur unik yang mungkin membuat kalian bernostalgia, yaitu mekanisme QTE. Dimana Quick Time Event merupakan sistem beradu kekuatan dengan servant lain. Jika kalian pernah bermain Naruto PS2, Dragon Ball, dan lain-lain, pasti pernah merasakan keseruan menghancurkan stik rental PS2, menarik bukan.

Berbagai fitur yang menarik

Stage story

Stage yang bercabang ini tentu memiliki story yang berbeda dan ending yang berbeda. Dari setiap cabang akan ada 1 ending, untuk pertama akan terbuka dua cabang, dan untuk cabang ketiga kalian dapat membukanya ketika cabang 1 & 2 terselesaikan. Nanti akan ada jalan cerita rahasia yang membuka cabang ke 3.

Extra battle

Menyuguhkan story dan misi sampingan di luar cerita utama, dalam sudut pandang karakter tertentu. Extra battle terbuka setelah kalian menyelesaikan 3 rute atau 3 ending dalam main story. Jika kalian menyelesaikan extra battle tersebut, maka akan banyak keuntungan yang kalian dapat.

Active skill

fate extella link active skill

Setiap servant mempunyai masing-masing 7 skill yang berbeda, namun tidak semua skill terbuka begitu saja. Tapi tenang saja seiring berjalannya waktu kalian dapat mempunyai ke 7 skill tersebut. Kalian dapat mengatur skill mana yang ingin kalian gunakan, tetapi hanya 4 yang dapat dibawa bertarung. Skill tidak hanya berupa serangan saja, ada juga buff, heal, dan lain-lain.

 

Command seal

fate extella link command seal

Penggemar Fate pasti tidak asing dengan istilah command seal ini. Ya, bukti kontrak dengan servant tertentu jika kalian berhasil membuat kontrak akan tercipta seal di tangan. Seal sendiri merupakan bentuk perintah yang mutlak. Dalam Fate/EXTELLA LINK, setiap stage kalian akan diberikan tiga seal, satu seal dapat digunakan untuk teleport dari sektor a ke sektor lainnya, satu seal dapat digunakan untuk menghidupkan kembali servant yang mati, satu seal lagi dapat digunakan untuk mengisi HP, skill, dan skill ultimate agar bisa langsung melancarkan jurus pamungkas.

Mystic code

Mystic code serupa dengan item pendukung, dapat membantu ketika servant dalam pertempuran. Terdapat berbagai buff seperti heal yang dapat memulihkan servant ketika sekarat. Kalian bisa mendapatkannya dengan CRAFT menggunakan QP (mata uang di dunia virtual) dan kalian dapat meningkatkan-nya juga. Sobat GameZeRO juga dapat membongkar/memecahkan menjadi lebih banyak QP.

Install skill

Install skill dapat di pasang pada servant untuk memperkuat dan memaksimalkan kekuatan pada servant. Install skill dapat membantu kalian untuk menyelesaikan stage dengan lebih mudah. Kalian juga dapat mengatur nya dengan berbagai kombinasi.

Support Troops

Kalian dapat membawa dua servant untuk membantu kalian dalam pertahanan maupun penyerangan, sangat membantu ketika kalian terkena combo servant lain.

Leveling servant

fate extella link servant leveling

Jika kalian mendapatkan servant baru tetapi kalian malas untuk leveling. Marveolus menambahkan fitur yang dapat mempermudah kalian, yaitu leveling hanya dengan menggunakan QP. Kalian dapat dengan mudah meningkatkan servant kalian dengan cara itu.

Costume

Terdapat beberapa kostum menarik yang dapat merubah penampilan servant, kalian dapat mempercantik servant kalian sesuai selera kalian.

Gallery

Kalian dapat melihat kembali potongan cerita dan BGM, serta daftar Mystic code dan daftar Skill, kalian bahkan dapat melihat profil dari setiap servant layaknya visual novel.

Kalian juga bisa berinteraksi dengan servant untuk meningkatkan ikatan kalian.

Menarik bukan, game ini sudah dapat dimainkan di berbagai platform seperti PlayStation 4, Nintendo Switch, Android, PC, PlayStation Vita, tetapi tidak tersedia untuk playstore Indonesia. Walaupun begitu, kalian tidak usah berkecil hati, kalian dapat mendownload Fate/EXTELLA LINK ini di browser kesayangan kalian.