Call of Duty Mobile

Review Lengkap Call of Duty Mobile, Game Seru dan Menantang!

Esports Game Konsol Mobile PC Reviews

Helo sobat Gamerz, kali ini kami akan melakukan review lengkap game Call of Duty Mobile garapan Activison, TiMi Studio, dan Garena. Nah, tanpa basa-basi lagi mari kita simak langsung pembahasan artikel di bawah ini.

Review Call of Duty Mobile Garena

Call of Duty Mobile atau sering disebut CODM merupakan game fps garapan Timi Studio dan dipublikasikan oleh Garena. Game ini pertama kali dirilis pada 1 Oktober 2019 untuk iOS dan Android. Namun, Call of Duty Mobile untuk Indonesia sudah dibuka sejak awal September 2019 dan tentunya juga menampilkan grafis yang sangat apik dan memukau.

Garena selaku publisher game online yang berbasis di Singapura, biasanya selalu merilis banyak game waralaba yang berbasis online untuk Wilayah Asia Tenggara.

Nah, sampai dengan 25 Juli 2021, game rilisan Activision, TiMi Studio, dan Garena ini masih mendapatkan update terbaru. Itu sebabnya, game keren yang satu ini masih layak untuk di review.

1. Tema Yang Kental Ala COD Versi PC

Di game ini kalian dan para pemain lain akan disebut sebagai Soldiers. Disini kali juga akan mengalami keseruan dalam bermain game action dengan nama besar ini. Digarap oleh TiMi Studio, Call of Duty Mobile sukses dipublikasi oleh Activision pada awal Oktober 2019. Lalu pihak Garena juga merilisnya khusus untuk pasar Asia Tenggara 1 bulan sebelumnya.

Nah, sangking tingginya antusiasme pemain terhadap game ini membuat Garena terus melakukan update berkala hingga 2021 ini. well, jika kalian pernah mengikuti cerita Call of Duty versi konsol dan PC, mungkin kalian akan langsung jatuh hati pada game mobile yang satu ini. Pasalnya, tema yang diberikan game ini sangatlah kental dan intens seperti COD ala PC dan konsol.

Sedangkan untuk mode dan plot cerita klasik masih juga mereka tampilkan di dalam game ini. kalian bisa memainkan cerita-cerita asli dalam CODM di versi team Bomb Mission, Deathmatch, dan Domination. Jangan lupakan juga mode special, seperti free for all dan gun game, yang tak kalah seru. Ada satu mode yang membuat game ini semakin menantang, yakni Battle Royale, di mode ini kalian akan bermain secara acak untuk bertahan hidup dari serangan para musuh yang ada di satu map, bahkan senjata yang diberikan juga random.

Di Indonesia sendiri, game ini diperkirakan sudah dimainkan sebanyak jutaan kali selama bertahun-tahun. Bagi kami, jalan cerita yang disuguhkan di game ini masih lekat dengan tema COD zaman dulu yang masih dipertahankan dengan sangat baik oleh sang developer.

2. Gameplay Seru, Namun Berpotensi Membuat Jenuh

Harus diakui bahwa penyalip terbesar yang dihadapi oleh Call of Duty Mobile adalah PUBGM atau PlayerUnknow’s Battlegroud Mobile. Lewat persaingan ketat tersebut, game ini sepertinya harus mengakui keunggulan PUBG, termasuk dalam hal gameplay. Sebetulnya, bagi kami, pengalaman bermain di mobile dirasa juga sangat seru dan menantang, apalagi bersama dengan teman.

Di atas kami telah menyatakan bahwa mode Battle Royale merupakan fitur unik dalam CODM. Sayangnnya, alih-alih menjadi fokus utama, mode tersebut jutru dijadikan sebagai mode sampingan. Ya, sang developer ternyata lebih suka game ini mendalami mode Deathmatch sebagai sang utama dan itulah yang mereka tekankan dari awal permainan.

3. Grafis Fantastis dan Memukau

Satu hal yang menjadi kelebihan dalam game ini adalah kualitas grafisnya. Bisa dibilang, bahwa CODM menjadi salah satu game fps android dan IOS dengan kualitas grafik terbaik. Jika kalian sempat mengikuti beberapa game COD yang sama-sama dirilis Activison, kalian akan melihat bahwa game perang tersebut bukan hanya berfokus pada cerita saja, melainkan juga dalam hal visual.

Dengan grafis yang sangat fantastis, kita merasa bahwa seolah CODM dimainkan di PC. Dimulai dari penggambaran karakter, senjata, ledakan, dan lingkungan sekitar juga ditampilkan dengan sangat epic oleh sang pengembang tanpa menghilangkan tema asli dari game itu sendiri. Uniknya, banyak hal dari map dan desain visual yang diadaptasi dari tampilan grafis game COD versi konsol dan PC.

Kami memainkan game ini di smartphone kelas menengah dan grafis masih bisa ditampilkan pada frame rate yang lumayan stabil. Akan tetapi, secara umum, game ini memang membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup mumpuni. Jika ingin menikmati kualitas visual CODM secara baik, setidaknya smartphone kalian harus dibekali dengan Snapdragon 660, RAM 4 GB, dan Andreno 506 atau diatasnya.

4. Kualitas Audio Biasa Saja

Call of Duty Mobile

Meskipun memiliki kualitas grafis yang mengagumkan, bisa dikatan bahwa CODM tidak menghadirkan kualitas audio yang sama baiknya. Padahal, selama ini, Activison dianggap sebagai publisher paling mengedepankan kualitas audio sebagai daya tarik tersendiri. Namun, kualitas audio di game ini bukan berarti buruk. Bisa dibilang, suara yang dihasilkan tidak terlalu memukau di telinga kami.

Tentunya kualitas audio juga tergantung pada kemampuan smartphone dan headset yang digunakan. Suara tembakan, Ledakan dan karakter di lingkungan yang intens sudah bisa dieksekusi dengan baik oleh sang pengembang. Hanya saja, ada beberapa bagian suara yang terdengar terlalu overloud dan berlebihan, sehingga kurang nyaman untuk didengar memakai headset.

Namun, sekali lagi, audio pada CODM tidaklah jelek. Bagi kami, kualitasnya masih dianggap bagus meskipun tidak terlalu istimewa. Walaupun begitu, keseriusan TiMi Studio sebagai developer game ini juga telah terbukti lewat hadirnya karya musical yang membuat mereka masuk ke dalam nominasi “Game Award 2019”.

5. Harus bisa Bertahan di Tengah Persaingat Ketat Industry Mobile Gaming

Call of Duty Mobile
Sumber: Sensortower.com

Pada 2020 lalu, CODM pernah memenagkan 16th British Academy Games Award sebagai game terbaik tahunan. Tentu ini merupakan suatu kebanggaan atas prestasi yang mereka lalukan di industri video game mobile,Mengingat mereka masih cukup muda di dunia iOS dan Android. Pesaing-pesaing mereka pun juga tidak tinggal diam. Intinya, CODM harus lebih kreatif lagi dalam mencari celah pasar, jika ingin bersaing dalam dunia mobile gaming.

Secara umum, game ini sudah bisa dianggap mampu dalam hal meneruskan nama besar Call of Duty dalam platform android dan iOS. Jalan cerita klasik yang enak, grafis yang memukau, dan kualitas audio yang oke, mungkin bisa menjadikan beberapa elemen yang bisa menguatkan game ini di mata para gamer. Namun, sampai pada titik tertentu, gameplay yang ada harus diperhatikan karena bisa berpotensi membosankan.

Jadi, untuk game fps shooter garapan TiMi Studio kami memberikan skor 4/5. Karena game ini tidak terlalu buruk dan lumayan menyenangkan.

Nah, demikianlah hasil review lengkap kami mengenai Call of Duty Mobile. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, agar tidak merasa bosan dan jenuh.

Jangan lupa kunjungi terus Gamezero.id agar kalian tidak ketinggalan berita menarik lainnya.