Review Naruto Shippuden: Ultimate

Review Lengkap Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4!

AniManga Game Konsol News Reviews

Naruto merupakan sebuah serial manga bertemakan ninja yang digarap dan diilustrasikan oleh Masashi Kishimoto. Nah, kali ini anime tersebut diadaptasikan kembali menjadi game fighting dengan grafis 3D cel-shading yang sangat indah dan untuk pertama kalinya dirilis untuk platform PS4 dan Xbox One.

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 masih digarap oleh developer yang sama, yakni CyberConnect 2. Game ini kembali menghadirkan gameplay fighting yang sederhana namun seru, serta Story Mode yang bisa mengingatkan kalian dengan momen-momen bab akhir dari kisah Naruto. Namun, sayangnya seluruh konten yang dihadirkan dalam seri terbaru ini tidak akan bisa memuaskan kalian.

Penasarakan dengan detail lanjut mengenai game terbaru dari anime super populer ini? Mari simak terus review lengkap Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 di bawah ini.

1. Story yang Sama, Namun Dikemas Lebih Menarik

Review Naruto Shippuden: Ultimate

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 kembali menghadirkan beberapa mode yang bisa kalian mainkan, mulai dari Story Mode sampai Free Battle yang pastinya akan sangat sering kalian mainkan bersama dengan teman-teman. Nah, untuk bagian Story Mode, kalian akan disuguhkan dengan cerita yang ada didalam seri Naruto di bagian bab akhir, lebih tepatnya di bagian akhir Fourth Shinobi World War saat Naruto dan teman-teman bertarung dengan Madara dan Obito.

Untuk urusan cerita, kalian akan tetap menikmati cerita yang sama dari seri anime/manga Naruto namun tentunya dengan pengurangan beberapa detail kecil yang entah mengapa membuat penulis jauh lebih menikmati cerita yang ada. Untuk kalian yang tidak mengikuti cerita Naruto dari awal sampai akhir, pastinya akan sangat kebingungan dengan yang ada. Itu bisa dibilang wajar karena penulis rasa game ini didesain seratus persen hanya untuk penggemar berat serial anime Naruto.

Cerita dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 digambarkan dalam bentuk cutscene yang sangat panjang. Yang dimaksud panjang adalah berdurasi 7 hingga 30 menit per bab. Sayangnya, untuk cutscene yang panjang ini tidak semuanya bisa dinikmati dengan menyenangkan. Dikarenakan sebagian besar cutscene yang diperlihatkan berbentuk potongan gambar dari episode anime Naruto Shippuden yang ditemani oleh suara para karakter dan sedikit efek visual.

Namun setelah gambar tersebut selesai, adegan juga kadang suka berubah-rubah menjadi sebuah cutscene dengan menggunakan grafis 3D in-game yang terlihat jauh lebih menyenangkan untuk dilihat. Hal ini juga semakin dilihat jika kalian sudah menyentuh bab akhir pada Story Mode. Andaikan sang developer memutuskan untuk mengubah seluruh cutscene menggunakan grafis 3D in-game, rasanya game ini akan bisa memberikan pengalaman Naruto yang jauh lebih membekas.

2. Gameplay Sangat Sederhana

Review Naruto Shippuden: Ultimate

Karena Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 adalah sebuah game fighting, tentunya pertarungan antar para ninja adalah hal utama yang akan kalian temukan di dalam game ini. Gameplay yang dihadirkan di dalam game ini bisa dibilang sangatlah sederhana, bahkan mungkin masuk ke dalam kategori game fighting casual. Penulis jamin orang yang sama sekali tidak pandai memainkan game fighting pasti mampu memainkan game ini dengan sangat mudah.

Untuk kombinasi serangan yang bisa kalian lakukan di dalam pertarungan, sekali lagi penulis sebutkan, sangatlah sederhana. Serangan kombinasi dengan efek animasi yang luar biasa bisa diluncurkan dengan cukup menekan tombol bulat saja. Untuk melancarkan jutsu, kalian cukup menekan dua kombinasi tombol secara berurutan dan kalian akan melihat animasi serangan super duper keren dari karakter favorit kalian.

Tentunya, gameplay fighting yang disuguhkah tidak sepenuhnya tanda ada kedalaman. Kalian bisa menggunakan berbagai taktik mulai dari mengaktifkan Kawarimi no Jutsu untuk menghidar dan melalukan serangan balik atau menggunakan item battle yang bisa dikeluarkan saat pertempuran berlangsung. Selain itu, terdapat juga sistem dalam permainan seperti Armor Break dan juga Awakening Mode yang bisa mengubah laju permainan. Yang jelas, kalian tidak perlu bersusah payah untuk menjadi jagoan di dalam game ini.

3. Bisa Bertukar Karakter Saat Pertarungan Berlangsung

Review Naruto Shippuden: Ultimate

Untuk pertama kalinya dalam seri Ultimate Ninja Storm, kalian bisa bertarung secara tim dan bisa bertukar karakter saat pertarungan berlangsung. Pilihlah karakter timmu dengan tepat dan kondisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi, maka kalian bisa melancarkan jutsu kombinasi mematikan bersama dengan anggota tim kalian.

Meski terdengar memiliki cukup banyak fitur, nyatanya gameplay yang dihadirkan oleh game ini tetaplah terlalu sederhana. Bagi kalian penggemar game fighting, rasanya Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 mungkin akan terasa sama sekali tidak menarik, karena tidak memberikan tantangan sulit untuk menciptakan serangan combo yang jauh lebih mematikan.

4. Kembali Meghadirkan QTE untuk Beberapa Adegan

Review Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

Sama seperti seri sebelumnya, Story Mode dalam game ini juga menghadirkan kembali QTE (Quick Time Event) untuk beberapa adengan di dalam pertarungan. Jika kalian pernah memainkan Asura’s Wrath, maka kalian sudah sangat familier dengan apa yang disuguhkan dalam game ini.

Disaat kalian sedang menglangsungkan pertarungan, nantinya akan muncul sebuah tombol gambar di layar, nah disaat itulah kalian harus menekan tombol tersebut secepat mungkin agar mendapatkan bintang yang nantinya akan mempengaruhi peringkat akhir yang akan kalian terima.

QTE dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 tidak hanya terasa sebagai bagian gameplay semata saja, tetapi juga terasa sebagai pembawa suasana yang sangat baik.

Adegan ketika Naruto dan teman-teman menggunakan berbagai jutsu terasa semakin intens karena kita yang tengah bermain serasa ikut melakukan jutsu yang mereka luncurkan. Entah menekan satu tombol berkali-kali atau memutar analog hingga Joypad milik kalian menjadi rusak adalah sebuah hal yang sangat memuaskan dalam bermain game ini.

Di dalam Story Mode tidak hanya menghadirkan gameplay fighting saja di tengah-tengah suguhan cerita. Di beberapa kesempatan, kalian akan merasa bahwa Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 berubah menjadi game action atau bahkan menjadi runner mini game. Ya, seperti yang sudah penulis bilang sebelumnya, game ini akan mengingatkan kalian dengan Asura’s Warth yang dipenuhi dengan berbagai mini-game.

5. Visual yang Sangat Indah

Review Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

Visual merupakan kunci utama dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 yang paling sering menarik perhatian kalian. CyberConnect 2 berhasil merancang sebuah visual suguhan dengan 3D cel-shading yang sangat indah dan memukau, serta menghadirkan palet warna yang kontras.

Pengarahan cutscene 3D juga patut diacungi jempol. Emosi dari masing-masing karakter juga digambarkan dengan sangat baik berkat animasi ekspresi wajah yang cukup detail untuk ukuran grafis cel-shading. Animasi dari berbagai jutsu juga terlihat sangat luar biasa dengan adanya ledakan warna-warni hingga momen-momen ekspresif yang bisa membuat siapapun berdecak kagum.

6. Minimnya Variasi Konten

Presentasi yang dihadirkan oleh Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 memang sesuatu yang luar biasa, namun nampaknya hanya hal itu saja yang benar-benar ditonjolkan oleh para developernya. Sebab, beberapa bagian di dalam pertarungan kadang terasa kurang seimbang, karena beberapa karakter terasa jauh lebih kuat dibanding dengan karakter lainnya. Tapi, hal itu tentunya masih masuk akal karena karakter yang ada diambil karateristiknya sesuai dengan seri manga/anime.

Hal lainnya yang terasa sangat mengganjal di pikiran penulis adalah minimnya variasi konten yang dihadirkan di dalam game tersebut. Story Mode bisa dengat cepat diselesaikan dan Adventure Mode yang disediakan sama sekali tidak memberikan sesuatu yang bernilai lebih. Bahkan, Adventure Mode yang disediakan terasa seperti filler anime Naruto yang terpaksa kalian tonton karena episode baru yang belum dirilis.

Adventure Mode dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 bisa dibilang hanya sebuah RPG mini dengan beberapa kumpulan quest yang tidak terlalu penting di dalamnya dan terasa sangat repetitive. Kalian masih menemukan pertarungan di dalam Adventure Mode, namun tidak ada yang benar-benar special di dalamnya kecuali adanya modifier dalam pertarungan. Bahkan imbalan yang kalian terimah setelah menyelesaikan quest juga tidak terlalu menawan, karena hanya sebuah bahan-bahan untuk ditukar menjadi item baru atau adegan flashback yang tidak terlalu penting.

Tetapi masih ada Online Battle Mode dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4, namun sayangnya hal ini sepertinya tidak menambah variasi permainan dalam game tersebut. memang adanya leaderboard bisa membuat sebagian orang bersemangat untuk menjadi yang paling hebat, tapi diluar itu, pengalaman yang disuguhkan tidak terlalu berkesan. Penulis rasa cara terbaik menikmati game ini adalah dengan memainkannya bersama teman kalian secara lokal saja.

Kesimpulan

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 memang sebuah game yang penulis rasa mampu memanjakan mata para penggemar serial anime Naruto dengan presentasi visualnya yang sangat indah, serta penuturan cerita yang jauh lebih nyaman. Meski demikian, konten yang diberikan sangatlah sedikit, serta gameplay nya terlalu mudah, mungkin akan membuat para gamer yang bukan penggemar Naruto tidak akan tertarik untuk mencobanya.

Nah, itulah review lengkap untuk Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4, jika kalian tertarik untuk memainkan game ini kalian bisa kunjungi Steam dengan cara klik link ini.

Jangan lupa untuk terus mengikuti Gamezero.id agar kalian tidak ketinggalan berita menarik seputar dunia games, gadget, anime, manga, movies, teknologi, esports, dan lain-lain.