Samsung Exynos Flagship Berikutnya Akan Gunakan GPU Dari AMD

Gadget News

Kabar bahwa Samsung telah bekerjasama dengan AMD sudah cukup lama terdengar, namun belum ada hasil dari kerjasama ini. Pada hari Selasa 12 Januari 2021 Samsung menegaskan kembali bahwa kemitraannya dengan AMD akan dihadirkan di Exynos generasi berikutnya dengan GPU AMD berbasis RDNA. Selama acara peluncuran Exynos 2100, Dr. Inyup Kang, direktur divisi LSI di Samsung, mengkonfirmasi rencana ambisius ini di masa depan.

Samsung dan AMD awalnya mengumumkan kerjasama pada Agustus 2019. Samsung menjanjikan untuk membawa teknologi grafis AMD Radeon ke SoC Exynos. Ketika berita ini awalnya diumumkan, banyak perkiraan bahwa kemitraan ini akan membuahkan hasil sekitar tahun 2022, dan komentar Dr. Kang tampaknya menguatkan laporan tersebut.

Dr. Inyup Kang mengatakan selama acara bahwa Samsung bekerja sama dengan AMD untuk menghasilkan “GPU mobile generasi berikutnya” yang akan diluncurkan di produk “flagship berikutnya”.

Belum jelas apakah GPU ini akan hadir pada “Flagship berikutnya” ataukah pada “Chipset Flagship berikutnya”. Apakah GPU akan diperkenalkan dengan Galaxy Note 21, dan Galaxy Z Fold 3? Ataukah kemungkinan GPU ini akan hadir pada chipset flagship yang akan diluncurkan tahun depan?

Namun berdasar rumor tahun lalu bahwa chipset flagship dengan grafis AMD tidak akan diluncurkan oleh Samsung hingga tahun 2022. Jika demikian, mungkin Sobat harus menunggu hingga Galaxy S22.