Siap Menyaingi Qualcomm, Modem Mediatek M80 5G Segera Meluncur!

Siap Menyaingi Qualcomm Modem
Sumber: https://www.91mobiles.com/hub/mediatek-m80-modem-overview/

Beberapa bulan yang lalu, perusahaan chipset ternama asal Taiwan, Mediatek baru saja meluncurkan kedua chipset 5G terbarunya, yakni Dimesity 1100 dan 1200. Nah, baru-baru ini Mediatek ini baru saja merilis modem terbaru buatannya yang diberi nama M80 5G yang telah didukung oleh teknologi mmWave dan sub-6 GHz 5G.

Siap Menyaingi Qualcomm Modem M80 Resmi Meluncur

Diketahui bahwa modem Mediatek M80 ini menjadi penerus dari modem sebelumnya yaitu Helio M70 yang sama-sama dibekali oleh jaringan 5G dan siap menyaingi modem X60 buatan Qualcomm yang kini digunakan pada chipset Snapdragon 888 yang baru saja dirilis pada tahun ini.

Meskipun bukan menjadi modem 5G pertama, M80 tetap dibekali dengan dukungan mmWave dan sub-6GHz yang membuat modem ini dapat menghasilkan jaringan 5G sangat cepat dan juga stabil daripada sebelumnya.

Sama seperti pendahulunya, dimana M80 ini akan menjadi modem intergrated yang akan di gabungkan di dalam komponen CPU, GPU, dan ISP. Sedangkan, untuk kecepatannya sendiri modem ini bisa mendownload hingga kecepatan 7,67 Gbps dan uploadnya sampai 3,67 Gbps. Selain itu, M80 juga telah mendukung dual 5G SIM, dual 5G NSA, Jaringan SA, dan dual Voice over New Radio (VoNR) untuk konektivitas yang lebih handal.

Jika dibandingakan dengan modem Snapdragon X60 buatan Qualcomm, kecepatan yang dihasilkan hanya sekitar 7,5Gbps untuk unduhan dan 3Gbps untuk uploadnya, hanya berbanding sedikit saja dari M80.

” Seiring dengan percepatan peluncuran jaringan 5 G saat ini, teknologi mmWave jadi semakin penting terutama di Amerika Serikat. Modem 5G terbaru buatan Mediatek ini akan mengintegrasikan dukungan untuk jaringan sub-6Ghz dan mmWave,” ungkap JC Hsu, selaku Corporate Vice President and General Manager Mediatek dari Unit Bisnis Wireless Communications.

Sedikit tambahan dari Hsu, jika dukungan dari jaringan sub-6GHz dan mmWave telah hadir di dalam modem ini agar memberi ruang fleksibilitas bagi perancang dan pembuat perangkat agar lebih banyak lagi. Untuk memajukan pengalaman dari jaringan 5G ini, modem baru ini juga mendukung standard spesifikasi dari selular global terbaru.

Modem 5G besutan Mediatek ini juga sangat ideal untuk berbagai perangkat seperti smartphone, PC, hotspot Mi-Fi, peralatan premis pelanggan (Customer premise equipment/ CPE) broadband, aplikasi lot industry, dan lain-lainnya.

Sebelumnya, M80 sendiri telah diuji terhadap standar industry dan diharapkan dapat segera diambil samplenya oleh pelanggan pada akhir tahun 2021 ini. Helio M80 ini menawarkan sejumlah dukungan kepada operator di seluruh dunia untuk berbagai teknologi akses radio seperti dibawah ini:

  • 3GPP Release 16 standard
  • Sub-6GHz and mmWave dual connectivity and carrier aggregation
  • 5G NR (FR1) with more than two carrier aggregation
  • 5G mmWave (FR2) up to 8CC
  • 5G carrier aggregation with Mixed Duplex (TDD + FDD)
  • Dynamic spectrum sharing (DSS) ready

Tidak lupa pula, Modem M80 ini telah mengintergrasikan teknologi 5G Ultrasave dari Mediatek yang meningkatkan desain chip tunggal guna memberikan lapisan lain dari peningkatan penghematan daya yang ekstensif. Selain itu, modem ini juga mengintergrasikan teknologi Dynamic Bandwidth Part (BWP) dari Mediatek.

Untuk Teknologi Dynamic Bandwith Part (BWP) sendiri telah dirancang guna mengoptimalkan pengguna bandwith untuk mengakomodasikan permintaan hasil data baik ringan atau berat. Selain itu, dengan teknologi Connected Mode DRX (C-DRX), modem secara teratur akan diberi daya dalam keadaan siaga bahkan ketika tidak ada aktivitas data.

Jadi, apakah sobat Gamerz tertarik untuk memiliki modem Mediatek m80 5G ini? Jangan lupa untuk ikuti terus Gamezero.id agar tak ketinggalan informasi menarik seputar dunia games, gadget, anime, movie, manga, teknologi, dan lain-lainnya.