Sony dan Oppo Kerjasama Kembangkan Sensor Kamera Baru

Gadget News

Oppo merilis Reno5 Pro+ 5G dirilis dengan sensor kamera baru dari Sony bernama IMX766. Namun, sepertinya Sony dan Oppo berkerjasama membuat sensor baru yang bakal dirilis bersama seri Find X3.

Menurut bocoran yang beredar, Sony dan Oppo bekerja sama dalam membuat sensor bernama IMX789. Sensor ini yang bakal dipakai di seri flagship Find X3 sebelum akhirnya bisa dipakai di ponsel pabrikan lain.

Sony dan Oppo bekerjasama hadirkan sensor baru

Sony dan Oppo sebelumnya juga pernah bekerja sama untuk membuat sensor kamera custom untuk ponsel. Contohnya IMX689 yang dipakai di Find X2 Pro, yang ukuran sensornya adalah 1 /1 ,43 inch atau diagonal 1/1 ,2mm, sangat besar untuk sebuah ponsel.

Pada masanya, dan bahkan sampai saat ini, spesifikasi sensor kamera IMX689 tersebut masih impresif. Sementara untuk IMX789 sampai saat ini belum diketahui bocoran spesifikasinya, namun seharusnya akan lebih impresif dibanding pendahulunya itu.

Kemungkinan peningkatan kemampuan pada sensor itu akan berada pada kemampuan pemrosesan datanya, atau bisa juga jumlah pixel yang lebih tinggi. Mungkin juga sensornya akan punya resolusi 108 megapixel.

Sebelumnya diberitakan, bocoran spesifikasi Find X3 Pro beredar dad tipster Evan Blass alias @evleaks.la mendeskripsikan Find X3 Pro sebagai ponsel dengan permukaan melengkung di bagian depan dan belakang, mirip pendahulunya.

Blass mengklaim Find X3 Pro akan memiliki bobot 20 gram lebih ringan dan 0,6 mm lebih tipis dibandingkan model sebelumnya. Bagian belakangnya akan dilapisi oleh keramik atau kaca, dan untuk pilihan warnanya akan tersedia warna hitam dan biru di awal, dengan warna putih datang setelahnya.

Find X3 Pro diklaim mengusung panel OLED berukuran 6,7 inch dengan resolusi 1440 x 3216 dan bisa menampilkan 1,07 miliar warna. Ponsel ini didukung dengan adaptive dynamic frame rate dari 10 Hz sampai 120 Hz.