rekor the queen gambit

‘The Queen Gambit’ Berhasil Memecahkan Rekor Streaming Netflix

Movie News

Netflix telah mengumumkan bahwa The Queen Gambit telah ditonton oleh 62 juta akun dalam 28 hari pertama. Lantas, hal ini pun membuatnya memecahkan rekor serial terbatas dengan skrip paling banyak ditonton sepanjang sejarah layanan streaming Netflix.

Meskipun begitu, NME menegaskan bahwa perhitungan Netflix berbeda dengan industri pertelevisian lainnya. Layanan streaming digital populer tersebut akan langsung menghitung setiap orang yang bahkan hanya menonton 2 menit. Namun, The Queen Gambit memang mendapatkan respon positif sejak pertama kali tayang. Tidak hanya dari penonton, tetapi dari para kritikus juga.

The Queen Gambit sendiri menceritakan tentang Beth Harmon, seorang atlet catur yang mengalami banyak cobaan sejak usianya masih kecil. Dia terpaksa menyaksikan kematian ibunya disaat dirinya masih kecil. Kematian ibunya membuatnya menjadi seorang anak yatim piatu dan harus tinggal di sebuah panti asuhan. Saat di panti asuhan, dia melihat petugas yang sedang bermain catur dan mulai tertarik dengan permainan catur. Beth menjadi sangat terobsesi dengan catur sampai-sampai di sela waktunya tidur, dia berimajinasi bermain catur dengan membayangkannya dengan memakai obat penenang.

Peter Friedlander, Produser film dari Netflix, telah membagikan tentang kesuksesan The Queen Gambit. Serial terbatas ini memiliki jangkauan global yang luar biasa dan telah menjadi Top 10 Netflix di 92 negara. Serial ini juga menduduki peringkat pertama di 63 negara seperti Britania, Argentina, Israel, Afrika Selatan.

Menariknya lagi, keberhasilan serial ini juga mempengaruhi dunia catur. Novel The Queen Gambit sekarang masuk dalam daftar buku terlaris di The New York Times setelah hampir 37 tahun dirilis. Pencarian di google tentang catur juga meningkat berkali-kali lipat, dan pencarian tentang “How to Play Chess” mencapai puncaknya selama 9 tahun terakhir. Jumlah pemain catur di chess.com juga meningkat sampai 5x lipat.