UC Browser Resmi Dihapus

UC Browser Milik Jack Ma Resmi Dihapus dari Toko Aplikasi Android!

Gadget Mobile News

Perseteruan antara Jack Ma dan Pemerintah China sampai saat ini masih berlanjut. Kini, browser buatan Alibaba Group yakni UC Browser dilaporkan telah resmi dihapus dari sejumlah toko aplikasi Android di China.

Menurut laporan dari para pengguna Smartphone di China, browser tersebut sudah lama hilang dari beberapa toko aplikasi di ponsel Xiaomi dan Huawei.

Disindir oleh Pidato Xi Jinping

UC Browser Resmi Dihapus
Xi Jinping Sedang Berpidato di depan Komite Ekonomi utama China

Penghapusan UC Browser ini terjadi sehari setelah Xi Jinping (Presiden China) mengatakan bahwa tindakan keras Beijing terhadap perusahaan teknologi besar baru saja dimulai.

“ Beberapa perkembangan perusahaan platform yang tidak memenuhi standard dan memiiki tingkat risiko yang tinggi harus dihapuskan, “ ujar Xi Jinping dalam pidatonya di depan komite ekonomi utama China.

Penghapusan browser milik Alibaba tersebut dilakukan setelah muncul beberapa kritikan pedas yang dilontarkan dalam sebuah acara yang ditayangkan di stasiun televisi nasional milik pemerintahan setempat, China Central Television (CCTV).

Dituduh Memasukkan Iklan Medis Ilegal

UC Browser Resmi Dihapus

Dalam acara tersebut, UC Browser dituduh memasukkan beberapa iklan medis yang tidak memenuhi syarat (illegal). UC Browser disebut mengizinkan rumah sakit swasta untuk menggunakan nama rumah sakit paling terkenal di China sebagai kata kunci pencarian. Nah, dengan demikian potensi untuk memikat pasien ke situs web mereka menjadi lebih besar dan cepat, alih-alih ke situs rumah sakit umum yang seharusnya mereka kunjungi.

Terkait hal ini, juru bicara UC Browser dari Alibaba Group mengatakan bahwa pihaknya menanggapi kritikan tersebut dengan serius.

“ Dan dengan cepat melakukan beberapa serangkaian untuk memeriksa dan memperbaiki kami akan lebih meningkatkan jumlah tinjaun konten dan memikul lebih banyak tanggung jawab, serta memberikan layanan info terbaik dengan standar yang lebih jelas”, ujar sang juru bicara tersebut.

UC Browser juga mengatakan “konten illegal” yang disebutkan dalam acara CCTV telah dihapus. Kini, peramban milik Alibaba akan lebih meningkatkan peninjauan konten di perambannya dan memberikan layanan informasi yang actual dan terpercaya dengan standar yang jauh lebih ketat.

Meski sudah hilang dari beberapa toko aplikasi Android Xiaomi dan Huawei, kabarnya para  pengguna smartphone Samsung di China mengatakan bahwa peramban tersebut masih tersedia pada beberapa toko aplikasi lain, seperti Reamle, Oppo, dan Apple.

Gimana menurutmu sobat Gamerz, apakah kalian setuju jika peramban tersebut dihapus oleh pemerintah China? Jangan lupa untuk terus mengikuti Gamezero.id agar kalian tidak ketinggalan berita menarik seputar dunia games, gadget, anime, manga, movies, teknologi, esports, dan lain-lain.