Valve Berencana Luncurkan Steam Khusus di China

News

Kita semua tau bahwa Tiongkok adalah salahsatu negara dengan sensor yang cukup ketat di sektor hiburan internet. Imbas dari sensor tersebut bahkan membuat Google dan Facebook dibanned dari Tiongkok. Steam sendiri sampai saat ini diyakini banyak pihak sebagai salahsatu akses ke dunia luar melalui game.

Namun kebijakan yang akan diberlakukan baru-baru ini kemungkinan besar akan merugikan banyak pihak, tak terkecuali developer. Ya, Valve berencana untuk meluncurkan Steam khusus untuk regional Tiongkok. Yang menjadi masalah adalah game yang ingin masuk ke Steam “khusus” tersebut harus mengikuti undang-undang setempat. Diyakini kebijakan ini akan berdampak dengan semakin sedikit game yang tersedia dikarenakan tidak lolos persyaratan.

Para developer game indie asal Tiongkok sendiri merasa khawatir game buatan mereka akan semakin sulit dipasarkan jika kebijakan ini mulai berlaku. Mereka tetap berharap bahwa Steam versi global tetap bisa diakses.

Valve sendiri sudah menegaskan bawa kebijakan ini ditujukan untuk lebih mensejahterakan developer asal Tiongkok. Namun tetap saja para developer game merasa kurang yakin, terutama karena sampai saat ini belum ada kejelasan apakah Steam Internasional tetap bisa diakses atau tidak jika nantinya Steam regional Tiongkok ini benar-benar sudah diluncurkan.