xbox

Xbox Series X Resmi Dijual, Harganya Mulai Rp 7 Juta

Game Konsol News

Microsoft Corp resmi meluncurkan Xbox Series X dan Xbox Series S hari ini (10/11/2020). Konsol ini akan menjadi senjata Microsoft menggeser dominasi PlayStation lima atau PS5.

Xbox Series X yg digambarkan perusahaan sebagai ‘konsol terkuat di dunia’ akan dijual seharga US$499,99 per unit atau setara Rp 7 juta (perkiraan Rp 14.000/US$). Sementara Xbox Series S akan dijual seharga US$299,99 atau setara Rp 4,2 juta.

Xbox akan bersaing dengan Sony PlayStation lima, yang dijadwalkan diluncurkan pada hari Kamis (12/11/2020). PS5 secara luas dicermati menjadi pemimpin usaha konsol lantaran basis penggemar yang lebih besar dengan ruang judul game tertentu yang tersedia saat peluncuran.

Microsoft menyampaikan ekspresi dominan masyarakat relatif tinggi akan konsol game ini. Bukti yang disodorkan tinggi pemesanan preorder buat konsol Xbox pada banyak sekali negara. Bahkan semua Xbox buat tahap awal ini telah dipesan & perusahaan akan menambah stok ketika peluncuran.

“Ada beberapa kasus rantai pasokan dalam awal di kuartal I dan kuartal II lantaran pabrik China tutup akibat Covid-19, tetapi kini sudah beroperasi secara normal lagi,” istilah Maurice Klaehne, analis dari perusahaan riset Counterpoint, misalnya dikutip menurut Reuters, Selasa (10/11/2020).

Microsoft Xbox Game Pass, layanan langganan dengan lebih berdasarkan 100 judul game termasuk game baru, dilihat menjadi senjata Microsoft untuk mengalahkan dominasi PlayStation. Game Pass telah berkembang pesat menjadi lebih dari 15 juta pengguna semenjak diluncurkan.

Namun, pengamat game memandang peluncuran Xbox kali ini kurang memikat lantaran Microsoft tak banyak mengenalkan judul game eksklusif buat memikat para pembeli.

“Setiap studio menghadapi tantangan dan hambatan unik tergantung dalam lokasi eksklusif, & banyak kawan pengembangan eksternal kami di seluruh global yang terkena efek serupa,” istilah Ryan Cameron, direktur Xbox, EMEA.